Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Map Pada Pelajaran Biologi Materi Virus

  • Jirana Jirana Universitas Sulawesi Barat
  • Firdaus Firdaus Universitas Sulawesi Barat
  • Mesra Damayanti Universitas Sulawesi Barat
  • Dahliana Dahliana Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Media Pembelajaran, Buku Saku, Mind Map

Abstract

Buku saku berbasis mind map merupakan sumber belajar yang berisi materi yang singkat dan jelas sehingga mudah untuk dipelajari, tampilan yang menarik dan mudah dibawa karena berukuran kecil. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui validitas media pembelajaran buku saku berbasis Mind Map pada pelajaran Biologi materi Virus Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Majene. (2) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran buku saku berbasis Mind Map pada pelajaran Biologi materi Virus Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Majene.  (3) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran buku saku berbasis Mind Map pada pelajaran Biologi materi Virus Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Majene. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R & D), dengan menggunakan desain model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian adalah kelas X MIPA 2 berjumlah 31 peserta didik, 1 guru Biologi dan 2 validator ahli. Penilaian kevalidan media pembelajaran buku saku berbasis Mind Map dilakukan oleh 2 validator ahli dengan menggunakan lembar validasi media berbasis IT dan lembar validasi tes. Kepraktisan dinilai berdasarkan respon guru dan respon peserta didik, dan keefektifan diukur dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata total validitas dari ahli media dan materi sebesar 3,55 atau 71%  yang artinya media pembelajaran buku saku berbasis Mind Map memenuhi kriteria valid. Hasil kepraktisan media pembelajaran buku saku berbasis Mind Map menunjukan nilai rata-rata total kepraktisan dari respon guru sebesar 83% dan respon siswa sebesar 82% yang media pembelajaran buku saku berbasis Mind Map yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis digunakan. Hasil keefektifan media pembelajaran buku saku berbasis Mind Map menunjukan nilai rata-rata total keefektifan dari hasil tes pembelajaran sebesar 74% artinya media pembelajaran buku saku berbasis Mind Map yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20-31. DOI: https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipt, 173.

Centaury, B. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri pada materi alat optik dan indikator dampak terhadap kompetensi peserta didik Kelas X Sma. Jurnal riset fisika edukasi dan sains, 1(2), 80-91. DOI: https://doi.org/10.22202/jrfes.2015.v1i2.1403

Indraningtias, D. A., & Wijaya, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(5), 24-36. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50.

Mila, N., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran daring. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 181-188.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta, cv.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta, cv.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Published
2024-01-31
How to Cite
Jirana, J., Firdaus, F., Damayanti, M., & Dahliana, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Map Pada Pelajaran Biologi Materi Virus . SAINTIFIK, 10(1), 107 - 114. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i1.495

Most read articles by the same author(s)