https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/issue/feed SAINTIFIK 2021-08-23T17:52:56+07:00 Hardi Hamzah hardi@unsulbar.ac.id Open Journal Systems <p>Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya</p> https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/333 Biodiversitas Mangrove di Desa Terapung dan Totobo Sulawesi Tenggara 2021-08-02T13:27:14+07:00 Erfina Erfina finaerfina8@gmail.com <p><em>Mangrove adalah ekosistem lahan basah pasang surut yang sangat produktif dan ditemukan di sepanjang pantai tropis maupun subtropic, mempunyai peranan sangat penting di daerah estuaria, merupakan ekosistem yang sangat unik dan rapuh serta sebagai daerah pertemuan antara lingkungan darat dan laut. Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau mencapai 17.504 pulau dan panjang garis pantai sekitar 95.181 km dengan kondisi biofisik lingkungan dan iklim beragam. Hal ini, didukung dengan ekosistem mangrove terluas di dunia (3.49 juta ha), dimana terdapat sekitar 202 jenis mangrove dengan 166 jenis di Pulau Jawa, 157 jenis di Pulau Sumatera, 150 jenis di Pulau Kalimantan, 142 jenis di Pulau Irian Jaya, 133 jenis di Pulau Maluku, 120 jenis di Kepulauan Sunda Kecil dan 135 jenis di Pulau Sulawesi, sehingga Indonesia dikenal sebagai negara mega biodiversitas. Penelitian ini bertujuan melihat biodiversitas mangrove dan sebagai acuan dalam menambah informasi (database) mengenai kelimpahan mangrove yang ada di Sulawesi Tenggara. Penelitian dilaksanakan di pesisir pantai Desa Terapung dan Desa Totobo Sulawesi Tenggara. Pengambilan data vegetasi mangrove di lokasi penelitian menggunakan metode tanpa plot Point Centered Quarter Method (PCQM) yang masing-masing lokasi diletakan dibuat baseline 100 m, jarak antara sub transek 25 m dan pengukuran parameter lingkungan. Hasil penelitian di dua lokasi ditemukan 7 spesies yaitu: Bruguiera gymnorrhiza (L.) Lamk., Bruguiera sexangula (Lour). Poir. Rhizophora mucronata Lamk. Xylocarpus granatum Keon. Sonneratia Alba J.E Smith dan Avesinnia marina (Forsk) Vierh.&nbsp; Namun, jenis yang banyak ditemukan pada stasiun 1 (desa Marobo), karena didukung oleh subtract dan parameter lingkungan (pH tanah: 5 – 7,8), (Kelembaban udara: 72,1—81,55%), (Temperatur udara: 30,45—34,4 <sup>0</sup>C), (intensitas cahaya 27.5--541.5cd) dan salinitas berkisar (20 -- 30‰).</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Erfina Erfina https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/331 Uji Aktivitas Antibakteri Fraksi n-heksan dari Ekstrak Daun Meniran (phyllanthus niruri L.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri salmonella sp. 2021-08-02T13:28:20+07:00 Mufti Hatur Rahman muftihaturrahman@unsulbar.ac.id <p><em>Meniran (Phyllanthus niruri L.) adalah tumbuhan Euphorbiaceae yang banyak tumbuh liar pada daerah tropis yang mengandung senyawa bioaktif flavonoid, filantin dan hipofilantin yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri fraksi N-heksan dari ekstrak daun meniran terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella sp. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pengujian efek antibakteri dengan metode ekstraksi meniran (Phyllanthus niruri L.) menggunakan pelarut non polar berupa n-heksan dengan variasi konsentrasi 0.1%, 0,5%, 1% dan 5%. Uji antimikroba ekstrak tersebut dilakukan dengan menggunakan metode difusi agar pada medium Glukosa Nutrient Agar (GNA) dengan masa inkubasi 1 x 24 jam dan 2 x 24 jam. Berdasarkan hasil penelitian, pada konsentrasi 5% dari ekstrak meniran (Phyllanthus niruri L.) fraksi n-heksan memiliki bioaktivitas terbesar terhadap Salmonella sp. dengan nilai zona hambatan sebesar 16,03 mm pada inkubasi 1 x 24 jam dan 14,03 pada inkubasi 2 x 24 jam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fraksi n-heksan dari ekstrak daun meniran (Phyllanthus niruri L.) bersifat bakteriostatik terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella sp.</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Mufti Hatur Rahman https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/324 Pengembangan E-Modul Berbantuan QR Code pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI MIA 2021-08-02T13:29:24+07:00 Nurhidayah Nurhidayah yaya@unsulbar.ac.id Firdaus Firdaus firdaus@unsulbar.ac.id Nur Amaliah nuramaliah@unsulbar.ac.id Nur Atirah naatirah36@gmail.com <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&amp;D) yang bertujuan untuk menghasilkan <em>e-modul </em>berbantuan <em>QR </em><em>code</em> sebagai bahan ajar pada pembelajaran daring mata pembelajaran biologi materi sel yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: <em>analysis, design, development, implementation dan evaluation</em>. Subjek penelitian ini adalah XI MIA 2 MAN 1 Majene. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian: (1) validasi instrumen yang telah dibuat dari segi angket ahli 92%, angket kepraktisan 92% dan tes hasil belajar 0.975 merupakan kategori sangat valid sedangkan <em>e-modul </em>berbantuan<em> QR </em><em>code</em> dari segi ahli materi 90%, dan dari segi ahli media 90% merupakan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan <em>e-modul </em>berbantuan <em>QR </em><em>Code</em> berdasarkan respon guru 96% dan respon peserta didik 87% merupakan kategori sangat praktis. (3) Keefektifan <em>e-modul </em>berbantuan <em>QR </em><em>Code</em> berdasarkan tes hasil belajar peserta didik adalah 68.75% merupakan kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa <em>e-modul </em>berbantuan <em>QR </em><em>code</em> telah memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.</p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Nurhidayah Nurhidayah, Firdaus Firdaus, Nur Amaliah, Nur Atirah https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/332 Efektivitas Pembelajaran Remedial Secara Daring pada Masa Belajar dari Rumah di SMA Negeri 1 Majene 2021-08-03T10:49:05+07:00 Yanti Yanti yantisaenong98@gmail.com Firman Firman firman@unsulbar.ac.id Arlinda Puspita Sari arlindapuspitasari@unsulbar.ac.id <p><em>Proses pembelajaran dari rumah membawa berbagai dampak pada hasil belajar peserta didik, salah satunya yaitu tidak tercapainya nilai ketuntasan minimum sehingga diperlukan pembelajaran remedial. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran remedial yang dilaksanakan secara daring selama periode belajar dari rumah di SMA Negeri 1 Majene. Efektifitas pembelajaran ditinjau dari dua aspek yakni hasil belajar dan proses pembelajaran. Analisis data hasil belajar menunjukkan nilai Normalized Gain (N Gain) sebesar 0.55 yang berarti pembelajaran remedial efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil analisis angket respon guru&nbsp; dan peserta didik&nbsp; secara berturut-turut adalah 71, 67% dan 76,55%&nbsp; yang berarti bahwa baik guru dan peserta didik menilai bahwa pembelajaran remedial secara daring efektif untuk dilaksanakan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran remedial secara daring di SMA Negeri 1 Majene efektif dari sudut pandang proses dan hasil pembelajaran.</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 firman firman https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/325 Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Biologi 2021-08-02T13:28:52+07:00 Muhammad Wajdi muh.wajdi@unismuh.ac.id <p>Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Giving Question and Getting Answer</em> terhadap hasil belajar biologi konsep sistem sirkulasi darah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar. (2) mengetahui hasil belajar biologi konsep sirkulasi darah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian “<em>Pretest Posttest Control Group Design</em>”. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar dan sampel penelitian yaitu XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cara<em> Sampling Jenuh. </em>Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model <em>Giving Question and Getting Answer</em> sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dari hasil tes belajar siswa melalui <em>pretest </em>dan <em>posttest, </em>yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan adalah <em>Normalitas Gain </em>dan <em>Independent Sample t-Test</em>. Hasil menunjukkan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen yaitu 77,04 sedangkan pada kelompok kontrol yaitu 65,45. Hasil uji analisis <em>Independent Samples T-Test, </em>diperoleh nilai signifikan p = 0,002 &lt; α = 0,05. Hal ini berarti bahwa H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>1</sub> diterima, dengan demikian model <em>Giving Question and Getting Answer </em>berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar.</p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Muhammad Wajdi https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/317 Flipped Classroom sebagai Pendekatan Pembelajaran Matematika di Era Pandemi 2021-08-02T21:57:12+07:00 Yoka Agry Sativa yagry30@yahoo.com Anggun Badu Kusuma anggun.badu@gmail.com <p><em>Saat ini, guru dan siswa menghadapi banyak tantangan ketika belajar matematika. Dalam flipped classroom, kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan di dalam kelas dilakukan di luar kelas. Oleh karena itu, kegiatan kelas dapat berfokus pada kegiatan yang merangsang siswa untuk berpikir pada tingkat yang lebih tinggi. Metode desain kelas terbalik ini perlu membuatnya memiliki nilai lebih dalam desain pembelajaran. Artikel ini akan mengulas literatur tentang pembelajaran matematika kelas terbalik. Secara khusus, artikel ini akan mengulas definisi dan desain flipped classroom, serta tantangan implementasinya. Artikel ini akan mengulas desain dan implementasi penelitian kelas terbalik dalam pembelajaran matematika, dan memberikan beberapa saran bagi guru dan praktisi tentang penerapan kedua strategi pembelajaran tersebut.</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 yoka agry sativa, Anggun Badu Kusuma https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/334 Analisi Data Tersensor Berpasangan dengan Estimasi Kaplan Meier dan Nelson Aalen 2021-08-03T11:02:43+07:00 Hikmah Hikmah hikmah@unsulbar.ac.id Darma Ekawati darmaekawati@unsulbar.ac.id <p><em>Dalam bidang matematika, terdapat cabang statistika yang telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah analisis kelangsungan hidup (survival). Masalah yang sering ditemui dalam analisis survival adalah adanya pengamatan yang tidak lengkap karena terdapat unit penelitian yang sampai akhir pengamatan tidak diketahui apakah mengalami kejadian atau tidak. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan analisis data tersensor berpasangan dengan menggunakan estimasi Kaplan-Meier dan Nelson-Aalen. Kedua estimasi tersebut banyak digunakan dalam statistik nonparametrik. Dari hasil yang diperoleh, kedua estimasi tersebut menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara waktu sembuh pasangan suami istri penderita hipertensi</em><em>.</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Hikmah Hikmah, Darma Ekawati https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/335 Analisis Model Mangsa Pemangsa dengan Fungsi Respon Holling Tipe II dan Adanya Mangsa Sakit 2021-08-03T11:02:39+07:00 Fardinah Fardinah fardinah@unsulbar.ac.id Laila Qadrini laila.qadrini@unsulbar.ac.id Meryta Febrilian Fatimah merytaff@unsulbar.ac.id <p><em>Interaksi antara dua populasi yang bersifat mangsa dan pemangsa dapat digambarkan dalam suatu model mangsa pemangsa. Dalam kenyataannya, pemangsa memerlukan waktu untuk berburu dan mengkonsumsi mangsanya yang dapat dinyatakan dalam model fungsi respon Holling Tipe II. Selain itu, dapat pula dijumpai dalam suatu lingkungan adanya populasi mangsa yang sakit yang mengakibatkan kematian karena penyakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kestabilan model mangsa pemangsa dengan fungsi respon Holling Tipe II yang terdiri dari tiga subpopulasi yaitu mangsa sehat, mangsa sakit dan pemangsa. Jenis kestabilan ditentukan berdasarkan karakteristik nilai eigen yang diperoleh dengan menggunakan kriteria Routh-Hurwitz. Dari penelitian ini diperoleh bahwa tanpa adanya mangsa sakit maka populasi tidak akan pernah eksis sedangkan populasi akan eksis jika ketiga subpopulasi ada dan memenuhi syarat hubungan parameter yang digunakan dalam model tersebut</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Fardinah Fardinah, Laila Qadrini, Meryta Febrilian Fatimah https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/336 Metode Elemen Hingga Untuk Perpindahan Panas Konduksi Steady State pada Domain 2D dengan Menggunakan Elemen Segitiga 2021-08-03T11:02:35+07:00 Surya Ningsi sningsih993@gmail.com <p><em>Perpindahan panas konduksi adalah perpindahan panas antar molekul tanpa disertai pergerakan aktual dari molekul tersebut. Tujuan utama dari analisis konduksi adalah menentukan distribusi temperatur pada medium, baik pada kasus tunak (steady state) maupun tak tunak (bergantung waktu atau transient). Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan tersebut adalah metode elemen hingga (finite element method atau FEM). Dengan metode pendekatan ini akan membentuk persamaan-persamaan numerik yang harus diselesaikan dengan cermat dan teliti untuk memperoleh hasil yang akurasi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan akurasi , maka domain akan dibagi dalam beberapa bagian elemen dimana dalam setiap sudut garis elemen akan terdapat node/simpul pada jarak tertentu. Semakin banyak elemen pada sebuah benda yang dianalisis, maka tingkat akurasinya semakin bagus. Persoalan akan menjadi lebih sulit&nbsp; jika diselesaikan secara manual dalam penyelesaian numeriknya. Oleh karena itu, dalam tulisan ini penyelesaian metode numerik tersebut akan diselesaikan dengan menggunakan software MATLAB. Hasil dari pemodelannya adalah distribusi temperatur. Konduktivitas panas juga divariasikan untuk mengetahui hubungan antara distribusi temperatur dengan konduktivitas panas bahan.</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Surya Nengsi https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/323 Mengukur Keterampilan Berpikir Analitis Fisika saat Masa Pandemi Covid-19 2021-08-14T23:48:42+07:00 Arie Arma Arsyad ariearmaarsyad@unm.ac.id Dewi Sartika dewi.sartika@unsulbar.ac.id <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir analitis peserta didik di SMA setelah diajar melalui pembelajaran online selama pandemic covid-19 di Makassar. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 20 nomor konseptual. Jumlah peserta didik yang mengikuti tes ini sebanyak 864 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir analitis peserta didik rendah. Sehingga pada pembelajaran saat pandemic covid 19 tidak meningkatkan keterampilan berpikir analitis.</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Arie Arma Arsyad, Dewi Sartika https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/338 Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantukan Adobe Flash di Masa Pandemi Covid-19 2021-08-15T13:29:47+07:00 Murtafiah Murtafiah murtafiah@unsulbar.ac.id St. Inaya Masrura sittiinayamasrura@unsulbar.ac.id Saharuddin Saharuddin saharuddints838@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan Adobe Flash yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran ini diharapkan mampu mendukung pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain lembar validasi, angket respon siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwamedia pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan Adobe Flash memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian oleh dua orang pakar dengan skor rata-rata 3,5, memenuhi kriteri praktis berdasarkan penilai guru, dan memenuhi kriteria efektif berdasarkan skor hasil belajar siswa serta respon siswa yang sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan Adobe Flash memenuhi kalayakan sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Murtafiah Murtafiah, St. Inaya Masrura, Saharuddin Saharuddin https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/339 Uji Kelayakan Konsumsi Air Sungai Mandar Menggunakan Sensor pH Berbasis Arduino Uno 2021-08-23T17:52:56+07:00 Hardi Hamzah hardi@unsulbar.ac.id Muhammad Nurkhalis Agriawan muhammadnurkhalisagriawan@gmail.com Muhammad Saldi muh.saldi1404@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan komsumsi air minum di Sungai Mandar. Lokasi pengambilan Sample air minum dilakuakan di Sungai Mandar, sampel air yang di uji terdiri dari air sungai sebelum filterisassi alami, air sungai yang telah terfilterisasi, &nbsp;dan air sungai yang telah di masak. Indikator kelayakan komsumsi yang digunakan adalah derajat keasaman (pH). Alat yang digunakan adalah laptop, sensor pH, dan arduino uno. Hasil penelitian k</em><em>ualitas air Sungai Mandar dari ke tiga jenis sampel menjukkan bahwa air langsung dari aliran sungai dan air sungai yang telah melalui tahap penyaringan secara alami tidak layak untuk dikomsumsi langsung, namun air sungai mandar menunjukkan nilai pH 7 setelah dimasak dan layak dikonsumsi.</em></p> 2021-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Hardi Hamzah, Muhammad Nurkhalis Agriawan, Muhammad Saldi