Analisis Kesiapan dan Inovasi Penbelajaran dalam Menghadapi Era Digital: Exploratory Study Guru di Kabupaten Majene
Abstract
Adanya berbagai permasalahan di dunia hingga merambah ke Negara Indonesia memberikan pengaruh besar terhadap semua bidang, salah satunya pengaruh terhadap bidang pendidikan. Permasalahan yang terjadi menuntut para guru untuk memadukan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis digital bahkan secara total beralih ke pembelajaran berbasis digital. Selain itu pembelajaran digital juga menyebabkan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Pentingnya guru dalam berinovasi diharapkan dapat mengatasi beberapa permasalahan dan beralihnya dunia ke era yang lebih modern dan yang berbasis IT. Hal ini bertujuan agar siswa tetap memiliki semangat belajar serta kemampuan menyesuaikan pembelajaran secara berkelanjutan. Para guru perlu untuk melakukan identifikasi mengenai hal-hal yang dianggap perlu diupayakan untuk mengembangkan pembelajaran agar pembelajaran menjadi bermakna. Guru dapat mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki, dipenuhi dan ditingkatkan sehingga mutu pendidikan tetap terarah di tengah beberapa permasalahan yang bersifat mendunia. Tujuan dan target sasaran dalam penelitian ini yaitu guru di tingkat menengah di Kabupaten Majene. Penelitian akan melihat kesiapan dan inovasi pembelajaran yang telah dilakukan dan terencana di era digital seperti sekarang ini untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran selanjutnya. Kegiatan yangakan dilakukan meliputi: (1) melakukan FGD terhadap beberapa guru sekolah menengah yang ada di Kabupaten Majene (perwakilan tiap sekolah); (2) melakukan wawancara (interview) lanjutan setelah FGD guna memperdalam informasi yang dianggap penting; (3) melakukan dokumentasi terhadap data-data nilai kognitif/afektif/psikomotorik siswa. Adapun data-data yang akan dikumpulkan terkait beberapa aspek diantaranya: permasalahan yang dihadapi guru selama proses pembelajaran terkait metode pembelajaran dan penilaian dalam proses pembelajaran. Penelitian ini penting dilakukan mengingat penerapan pembelajaran di Era Digital yang semakin menuntut para pendidik untuk memadukan pembelajaran konvensional dengan dengan pembelajaran modern yang lebih banyak menggunakan IT. Penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar bagi pendidik untuk dapat menyelesaikan berbagai kemungkinan permasalahan yang ditemukan selama proses pembelajaran terkait semakin tidak menentunya kondisi dunia sekarang ini.
Downloads
References
Andiyanto, T. (2021). Pendidikan dimasa covid-19. Raih Asa Sukses.
Kusuma, A. B., Astuti, W., & Setyawan, C. E. (2019). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom DI Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada (STAIMS) Yogyakarta. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 1(8), 151–180. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.120 DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.120
Mulawarman, W. G. (2020).Persoalan dosen dan mahasiswa masa pandemik Covid 19: Dari gagap teknologi hingga mengeluh boros paket data. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas 1, 37-46
Nasution, N., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru Anak Usia Dini Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 666-675.
Sari, T. Y. C. (2021). Perspektif Kesiapan Guru Agama Katolik Dalam Menghadapi Transformasi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 (Studi Pada SMP Kota Pontianak). Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional (PRO-TRAPENAS), 1(1), 504-512.
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. SAPA-Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 46-58. DOI: https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68
Wote, A. Y. V., & Sabarua, J. O. (2020). Analisis kesiapan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.51135/kambotivol1iss1pp1-12
Copyright (c) 2023 jirana jirana, Nur Amaliah, Mesra Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints