Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik <p>Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya</p> en-US <ul> <li class="show">Free access for all users worldwide</li> <li class="show">Authors retain copyright to their work</li> <li class="show">Increased visibility and readership</li> <li class="show">Rapid publication</li> <li class="show">No spatial constraints</li> </ul> muh.abdy@unsulbar.ac.id (Muhammad Abdy) hadi@unsulbar.ac.id (Jushadi Arman Saz) Thu, 31 Jan 2019 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Mata Pelajaran Matematika di SMA Kabupaten Majene https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/191 Tujuan umum penelitian ini untuk mengadakan perbaikan pembelajaran berkaitan dengan model tes dan sistem penskorannya. Tujuan khusus penelitian untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking) HOT Matematika pada kelas XI SMA yang memenuhi syarat, meliputi: 1) fit dengan PCM dan 1) tingkat kesulitan item Responden siswa SMA kelas XI di Kabupaten Majene terdiri 3 SMA Negeri di Kabupaten Majene yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 3. Langkah-langkah penelitian meliputi; 1) perancangan instrumen, 2) uji coba instrumen, dan 3) perakitan tes. Tahap perancangan instrumen meliputi: a) Penentuan Tujuan Tes, b) Penentuan Kompetensi yang akan diujikan, c) Penentuan Materi yang Diujikan, d) Penyusunan Kisi-kisi Tes, e) Penulisan Item Berdasarkan Prinsip-prinsip Pengembangan Tes HOT, f) Validasi Item Tes, g) Perbaikan Item dan Perakitan Tes, dan h) Penyusunan Pedoman Penskoran. Tahap uji coba instrumen terdiri: a) Penetapan Subjek Uji Coba (SMA), b) Pelaksanaan Uji coba Tes, dan c) Analisis Data Hasil Uji Coba dengan teknik: (1) Kecocokan Item Instrumen (goodness fit), (2) Reliabilitas, (3) Kurva Karakteristik Item, (4) Indeks Kesukaran, dan (5) Fungsi Informasi dan SEM. Tahap Perakitan Tes untuk Pengukuran.<br />Kata kunci : pengembangan instrumen, penilaian, kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hikmah Hikmah, Nursyafitri Amin Copyright (c) 2019 Hikmah Hikmah, Nursyafitri Amin https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/191 Mon, 04 Feb 2019 08:49:16 +0700 Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa STKIP Yapim Maros Pada Mata Kuliah Evolusi https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/192 Mata kuliah evolusi merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa, sulitnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep evolusi disebabkan oleh beberapa masalah sehingga perlu dilakukan beberapa observasi terhadap komponen-komponen dalam proses pembelajaran Evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Berpikir mahasiswa terhadap Mata Kuliah Evolusi di Universitas Sulawesi Barat Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara penyebaran angket dan pemberian tes untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa tentang konsep evolusi. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap mahasiswa STKIP Yapim Maros Program Pendidikan Biologi dengan 36 orang responden menunjukkan bahwa Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa STKIP Yapim Maros. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir mahasiswa biologi STKIP Yapim Maros terhadap mata kuliah Evolusi masih rendah. Oleh karena itu perlu dilakukanpembenahan dalam penelitian lanjutan.<br />Kata kunci: Berpikir Kritis, Evolusi, Pembelajaran Jirana Jirana, Mohammad Amin, Endang Suarsini, Betty Lukiati Copyright (c) 2019 Jirana Jirana, Mohammad Amin, Endang Suarsini, Betty Lukiati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/192 Mon, 04 Feb 2019 08:49:16 +0700 Analisis Parameter Anomali SP Menggunakan Metode Inversi Non linier Pendekatan Linier https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/193 nterpretasi anomali self-potential (SP) model geometri sederhana (fixed geometry) sederhana, dilakukan untuk menghitung kedalaman, sudut polarisasi benda, moment dipole listrik, dan bentuk struktur benda dibawah permukaan yang mempengaruhi data SP yang diamati diatas permukaan. Dalam mengidentifikasi parameter anomali SP akibat dari model fixed geometry dibawah permukaan bumi dapat dilakukan dengan cara pemodelan inversi. Dalam tulisan ini pemodelan inversi diselesaikan menggunakan pendekatan linier dengan metode least-square terbobot dan metode Levenberg-Marquardt. Kedua metode ini diaplikasikan untuk menentukan nilai parameter dari anomali self-potential akibat struktur sesar, dengan menganggap struktur sesar menyerupai bentuk lempeng. Metode least-square terbobot dan Levenberg-Marquardt mampu mengikuti pola hasil data pengukuran di lapangan. Kedua metode inversi tersebut efisien karena proses perhitungannya yang relatif singkat serta nilai parameter model struktur lempeng hasil perhitungan kedua metode tersebut menunjukkan hasil yang sama hanya terdapat sedikit selisih perhitungan pada nilai kemiringan sudut lempeng.<br />Kata kunci: anomali self-potential, fixed geometry, pendekatan linier Fajriani Fajriani, Hardi Hamzah, Wahyu Srigutomo, Prihamdhanu Mukti Pratomo Copyright (c) 2019 Fajriani Fajriani, Hardi Hamzah, Wahyu Srigutomo, Prihamdhanu Mukti Pratomo https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/193 Mon, 04 Feb 2019 08:49:16 +0700 Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Biologi STKIP PI Makassar https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/194 Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control groupyang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran KooperatifTipe Jigsaw terhadap Keterampilan Berpikir Kritis MahasiswaSTKIP Pembangunan Indonesia Makassar.Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar yang terdiri dari dua kelas dan berlaku sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pada proses pembelajaran, Wawancara, nilai post tes serta dokumentasi.Observasi dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pada saat proses pembelajaran. Nilai post test terdiri dari 10 pertanyaan essay secara keseluruhan.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.<br />Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis,Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran Kamriana Kamriana, Nasrianty Nasrianty Copyright (c) 2019 Kamriana Kamriana, Nasrianty Nasrianty https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/194 Mon, 04 Feb 2019 08:49:16 +0700 Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/195 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian true eksperimen dengan design yang bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Farmasi di SMK Negeri 1 Watunohu. Penelitian ini diawali dengan kegiatan observasi kemudian memberikan tes awal dan kemudian melakukan pelaksanaan PTK dalam dua siklus tindakan. Teknik pengambilan data yang menggambarkan pelaksanaan pembelajaran dengan lembar observasi sedangkan data yang menggambarkan kemampuan komunikasi matematis siswa didapat melalui tes tindakan penelitian melalui instrument soal tiap siklus. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Hal ini ditunjukkan oleh hasil yang diperoleh dari tes awal bahwa tidak ada siswa yang memperoleh predikat sangat baik,namun yang dikategorikan baik sebanyak 13.33% sedangkan yang dikategorikan cukup baik sekitar 33.33%, dan yang dikategorikan kurang baik sebanyak 53.33%. Pada hasil tes siklus I meningkat, yang memperoleh nilai sangat baik sebanyak 6.67%, komunikasi matematis siswa yang dikategorikan baik sebanyak 53.33%, sedangkan dikaategorikan cukup baik sebanyak 6.67%. Pada tes siklus II mengalami meningkat, siswa memperoleh sangat baik sebanyak 13.33%, memperoleh predikat baik sebanyak 80%, sedangkan yang dikategorikan cukup baik 33.33%, dan yang dikategorikan kurang baik 6.67%. Dengan demikian indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini dapat tercapai dengan baik.<br />Kata kunci—Reciprocal teaching, PTK, hasil belajar Nasruddin Nasruddin, Jahring Jahring Copyright (c) 2019 Nasruddin Nasruddin, Jahring Jahring https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/195 Mon, 04 Feb 2019 08:49:16 +0700 Beberapa Sifat Akar Persamaan Kuadrat Berkoefisien Bilangan Kompleks https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/196 <p>Pada makalah ini dibahas dan diselidiki sifat akar-akar persamaan kuadrat<br />berkoefisien kompleks. Diawali dengan mempelajari cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat berkoefisien kompleks. Hasil yang diperoleh digunakan untuk menyelidiki syarat persamaan kuadrat berkoefisien kompleks memiliki akar sama, akar-akar yang saling konjugat, memiliki sebuah akar real serta memiliki sebuah akar imajiner murni. Dijelaskan pula cara membentuk persamaan kuadrat baru apabila diketahui akar-akarnya.</p><p>Kata kunci : Persamaan kuadrat, Koefisien kompleks, Bilangan Kompleks</p> Ahmad Ansar, Muhammad Arafat Abdullah Copyright (c) 2019 Ahmad Ansar, Muhammad Arafat Abdullah https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/196 Mon, 04 Feb 2019 08:49:16 +0700 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/197 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswaantara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkontrol. Hasil penelitian diuji menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu juga digunakan analisis statistik deskriptif untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sehingga terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.<br />Kata kunci: Kooperatif , Quick on the draw Marniat Marniati, Tahir Tahir Copyright (c) 2019 Marniat Marniati, Tahir Tahir https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/197 Mon, 04 Feb 2019 08:49:16 +0700 Model SIS Stokastik pada Penyakit Malaria Berdasarkan Distribusi Data Pasien https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/198 Penyakit Malaria merupakan salah satu penyakit yang paling sering mewabah di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, khususnya daerah Sulawesi Barat. Salah satu faktor pendukung dari wabah penyakit ini adalah banyaknya daerah rawa yang merupakan habitat alami perkembang biakan dari vektor, yaitu nyamuk Anopheles spp yang menularkan Parasit Plasmodium spp ke tubuh inang yakni manusia. Dalam penelitian ini kami menggunakan model Susceptible Infected Susceptible (SIS) untuk mengkaji model infeksi penyakit Malaria, dimana laju infeksi penyakitnya dimodelkan oleh Distribusi Poisson dengan berdasarkan pada model distribusi pasien. Data jumlah pasien akan diperiksa model distribusinya untuk mengetahui model stokastik yang akan digunakan dalam memodelkan laju infeksi, yang kemudian akan diaplikasikan dalam model SIS Stokastik infeksi Malaria di daerah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model dan analisis matematika untuk menanggulangi infeksi Malaria, agar tidak kembali mewabah. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa model matematika yang dibentuk dapat menunjukkan dinamik dari penyakit Malaria tersebut.<br />Kata kunci: Malaria, Model SIS, Distribusi Poisson Darmawati Darmawati, Wahyudin Nur Copyright (c) 2019 Darmawati Darmawati, Wahyudin Nur https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/198 Mon, 04 Feb 2019 08:49:17 +0700 Tinjauan Singkat Tentang Regresi Parametrik dan Regresi non Parametrik https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/199 Dalam analisis regresi, terdapat dua pendekatan yang digunakan untuk mengestimasi fungsi regresi, yaitu pendekatan parametrik dan pendekatan nonparametrik. Metode regresi parametrik akan sesuai jika ada teori, pengalaman masa lalu atau sumber lain yang dapat digunakan untuk menentukan bentuk fungsi regresi sehingga bentuk dari fungsi regresi diasumsikan diketahui kecuali untuk berhingga parameter yang tidak diketahui. Inferensi tentang fungsi regresi ekivalen dengan inferensi tentang parameter. Dalam regresi nonparametrik, tidak ada asumsi tentang bentuk fungsi regresi sehingga memberikan fleksibilitas di dalam bentuk yang mungkin dari fungsi regresi. Terdapat banyak tehnik untuk mengestimasi fungsi regresi nonparametrik, antara lain estimator kernel, spline, wavelet, k-NN dan lain-lain.<br />Kata kunc: regresi parametrik, regresi nonparametrik, fungsi regresi, tehnik penghalusan. Muhammad Abdy Copyright (c) 2019 Muhammad Abdy https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/199 Mon, 04 Feb 2019 08:49:17 +0700 Hubungan Nilai Matematika Rekayasa Terhadap Nilai Analisa Struktur Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Sulawesi Barat https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/200 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai mata kuliah Matematika rekayasa terhadap nilai mata kuliah Analisa struktur yang diperoleh mahasiswa teknik sipil Universitas Sulawesi Barat. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan data berbentuk angka. Jenis penelitian yang digunakan bersifat penelitian analitik korelatif menggunakan program aplikasi software SPSS versi 21, Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa teknik sipil universitas sulawesi barat, yang telah menempuh mata kuliah Matematika rekayasa dan Analisa Struktur. Adapun Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi pearson (product moment). Hasil analisis diperoleh Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan antara nilai Matematika rekayasa dan Analisa struktur digolongkan sedang. Artinya pengaruhnya sedikit. Meskipun berkorelasi positif namun hasilnya signifikan atau tidak bisa digeneralisasikan ke dalam populasi. Hal ini menunjukkan bahwa nilai mata kuliah matematika rekayasa yang diperoleh tidak berhubungan dengan nilai mata kuliah analisa struktur yang diperoleh. Korelasi antara nilai Matematika rekayasa terhadap nilai analisa struktur adalah sebesar 0.435 dengan signifikansi pada taraf kesalahan 5% dan didapat r-tabel 0,361 maka ( r-hitung = 0,435 &gt; r-tabel = 0,361) berarti Ho diterima, namun hubungan antara nilai Matematika rekayasa terhadap nilai mata kuliah analisa struktur tidak ada hubungannya karena meskipun nilai mata kuliah Matematika rekayasa tinggi belum tentu nilai mata kuliah analisa struktur juga tinggi.<br />Kata kunci: Matematika rekayasa, Analisa Struktur, analisis korelasi pearson, uji signifikansi Milawaty Waris, Nurmiati Zamad Copyright (c) 2019 Milawaty Waris, Nurmiati Zamad https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/200 Mon, 04 Feb 2019 08:49:17 +0700 Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD 027 Rattematama dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Bahasa Mandar https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/201 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang karakter kesulitan belajar matematika berbasis bahasa Mandar pada siswa kelas V di SD 027 Rattematama Polewali Mandar. Jenis Penelitian Ini adalah penelitian Kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang mengalami kesulitan belajar matematika, guru kelas V, guru kelas IV, guru kelas III, dan guru Kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kesulitan belajar matematika siswa Kelas V SD 024 Rattematama yang mengalami kesulitan belajar matematika berbasis bahasa mandar yaitu kesulitan dalam keterampilan Berhitung, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam memahami soal cerita.<br />Kata kunci: Kesulitan-belajar, bahasa-mandar, triangulasi Ajmain Ajmain, Ansar Ansar, Nurhayati Nurhayati, Siti Inaya Masrura Copyright (c) 2019 Ajmain Ajmain, Ansar Ansar, Nurhayati Nurhayati, Siti Inaya Masrura https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/201 Mon, 04 Feb 2019 08:49:17 +0700 Analisis Cluster untuk Pengelompokan Desa Berdasarkan Indikator Penyakit Diare https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/202 Penelitian ini bertujuan mengelompokkan desa berdasarkan indikator penyakit diare. Metode K-Means adalah salah satu teknik analisis cluster yang dapat dilakukan untuk mengelompokkan daerah yang memiliki kemiripan. Metode penelitian dimulai dengan (1) melakukan observasi penyebab penyakit diare, (2) mengumpulkan data, (3) melakukan pengelompokan daerah menggunakan analisis cluster, kemudian (4) menginterpretasikan hasil analisis. Sebanyak 51 desa dikelompokkan berdasarkan 5 variabel yaitu: Keberadaan tempat buang air di desa setempat, Kondisi pemukiman, Sumber air minum dan potensi banjir. Analisis cluster dengan menggunakan algoritma K-Means menghasilkan Cluster 1 sebanyak 4 desa, Cluster 2 sebanyak 37 desa, Cluster 3 sebanyak 2 desa, dan Cluster 4 sebanyak 8 desa. Hasil pengelompokan memberikan informasi penyebab penyakit diare dan menjadi acuan untuk pencegahannya di setiap cluster.<br />Kata kunci: Penyakit Diare, K-Means, Analisis Cluster Rahmawati Rahmawati, Muliady Faisal Copyright (c) 2019 Rahmawati Rahmawati, Muliady Faisal https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/202 Mon, 04 Feb 2019 08:49:17 +0700