Pengembangan E-modul dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA/MA

  • Siti Aisya Akram Universitas Sulawesi Barat
  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Sulawesi Barat
  • Jirana Jirana Universitas Sulawesi Barat
Keywords: E-modul, Pendekatan SETS, Sistem Peredaran Darah

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan pendekatan SETS (science, environment, technology, and society) pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA/MA dan mengetahui validitas, kepraktisan, serta keefektifan terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian (R & D) research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil validasi e-modul dengan Pendekatan SETS menggunakan lembar penilaian ahli media dan ahli materi yang dinilai oleh validator sebesar 4,3 memperoleh kategori valid. Hasil kepraktisan e-modul dengan Pendekatan SETS menggunakan angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil analisis angket menunjukkan nilai dari respon guru sebesar 87,7 % memperoleh kategori praktis dan nilai dari respon siswa sebesar 80,7 memperoleh kategori praktis. Hasil keefektifan e-modul dengan Pendekatan SETS menggunakan soal tes hasil belajar diperoleh sebesar 80% berada pada kategori efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, W., Anwar, Y., dan Madang, K. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis learning cycle 7E materi sistem sirkulasi pada manusia untuk kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 3(1), 49-57.

Centaury, B. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri pada materi alat optik dan indikator dampak terhadap kompetensi siswa kelas X SMA. Jurnal riset fisika edukasi dan sains, 1(2), 80-91.

Cimer, A. (2012). What make biology learning difficult and effective: students’ views. Educational research and reviews, 7(3): 61-71.

Febrianti, A. F. (2017). Pengembangan modul biologi berbasis web untuk mendukung pembelajaran interaktif. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Fitria, A. D. (2017). Pengembangan media gambar berbasis potensi lokal pada pembelajaran materi keanekaragaman hayati di kelas X SMAN 1 Pitu Riase Kab. Sidenreng Rappang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul etno konstruktivisme: implementasi pada kelas V Sekolah Dasar ditinjau dari persepsi, minat dan motivasi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165-177.

Ningsih, A. T., Ruhiat, Y., dan Saefullah, A. (2020). EMOSETS: Pengembangan e-modul berbasis science, environment, technology, and society (SEST) materi fluida dinamis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta, 3(1), 341-347.

Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata

Putri, R. Z. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis SETS (science environment technology society) pada materi teori kinetik gas untuk siswa kelas XI SMA/MA. (Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga).

Handayani, D. L. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis SETS untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik SMA. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Hobri. (2009). Model-model pembelajaran inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Indraningtias, D. A., dan Wijaya, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik materi bangun ruang sisi datar berorientasi pada kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika S1, 6(5), 24-36.

Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan., & Sunarto. (2012). Pengantar statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi dan bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian tindakan). Bandung: Alfabeta.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33-47.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi materi pasar modal untuk peserta didik kelas XI IPS Man 1 Jember tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1-7.

Published
2023-01-29
How to Cite
Akram, S. A., Nurhidayah, N., & Jirana, J. (2023). Pengembangan E-modul dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA/MA. SAINTIFIK, 9(1), 88 - 94. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i1.399

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>