Pengembangan Instrumen Asesmen sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21
Abstract
Pembelajaran abad 21 dicirikan oleh keterampilan dan kompetensi yang dapat ditransfer ke peserta didik. Tingginya tingkat keragaman dan kompleksitas keterampilan abad 21 menjadi pertimbangan untuk menerapkan instrumen asesmen yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument asesmen otentik yang mampu menfasilitasi keterampilan abad 21, seperti critical thinking, collaborative dan problem solving. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Univ Sulawesi Barat Angkatan 2019 semester V kelas C dan D. Hasil penelitian diketahui jika instrumen yang dikembangkan layak digunakan sesuai dengan kriteria valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Amri.,Tharihk,A.J. (2018). Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 2(2): 103-112.
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asrul, Ananda, A., Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Care,E., Griffin, P., Wilson, M. (2018). Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Research and Applications. New York: Springer International Publishing. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-319-65368-6
González-Perez, L.I., & Ramírez-Montoya, M.S. (2022). Components of Education 4.0 in 21st Century Skills Frameworks: Systematic Review. Sustainability 14, 1493. https://doi.org/10.3390/su14031493. DOI: https://doi.org/10.3390/su14031493
Hajati, K., & Amaliah, N. (2022). Teacher’s Delivery Format and ADDIE Model to Adjust the Online Learning System during the Pandemic Period. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 6(1), 91-104.
Kurniawan, A. R., Kardi, S., & Tjandrakirana. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Pendidikan, 2(2), 175-183. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p175-183
Rahma, A. N. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpedekatan SETS Materi Kelarutan dan Hasilkali Kelarutan untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa terhadap Lingkungan. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2), 133-138. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59-72.
Rotherham, J., Willingham, D. (2009). 21st Century Skills: The Challenges Ahead. Northcentral University.
Setiani, F. (2011). Pengembangan Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2: 250-268 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v15i2.1096
Soland, J., Hamilton, L. S & Stecher, B. M. (2013). Measuring 21st Century Competencies Guidance for Educators. [Online] Diakses dari: https://asia society.org/files/gcen-measuring21cskills.pdf.
Voogt, J & Roblin, N.P. (2010). 21st Century Skills Discussion Paper. University of Twente.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke 21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, tanggal 10 Desember 2016 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Copyright (c) 2023 Nur Amaliah, Tri Maniarta Sari, Gaby Maulida Nurdin, Mustaqim Mustaqim, Aswal Salewangeng, Muh Nur Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints