Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Minat Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIPA Materi Tumbuhan (Plantae)
Abstract
Pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan merupakan suatu pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Minat Belajar Biologi Peserta didik Kelas X MIPA Pada Materi Tumbuhan (Plantae) di SMA Negeri 2 Tapalang. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control design dengan sampel penelitian sebanyak 52 Peserta didik yang terdiri dari dua kelas yaitu MIPA 1 dan MIPA 2 yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket minat belajar Peserta didik. Analisis data menggunakan kriteria uji hipotesis. Minat belajar Peserta didik Kelas X MIPA yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan berada pada skor rata-rata 70,04. Sedangkan minat belajar Peserta didik kelas X MIPA yang diajar dengan menggunakan pembelajaran direct instruction berada pada skor rata-rata 67,12. Adapun hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap minat belajar Peserta didik kelas X MIPA pada materi tumbuhan (Plantae) di SMA Negeri 2 Tapalang.
Downloads
References
Asiah, B. R., & Setiawan, W. (2020). Analisis minat belajar Peserta didik MTs kelas VII dalam pembelajaran matematika materi aljabar berdasarkan gender. Jurnal On Education, 1 (2), 458-463. https://core.ac.uk/download/pdf/268404878.pdf
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Centre. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrOri63aIRkr78VgTBXNyoA;_ylu
Ernawati, Sahputra, R., & Lestari, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Koloid SMA. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP UNTAN, 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13076
Noviantoro, D. D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Membaca Gambar Teknik di SMK Piri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/33516166.pdf
Ricardo., Intansari, R., & Meilani. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik (The Impact of Students Learning Interest and Motivation on Their Learning Outcomes). JP MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2 (2), 188-201. https://ejournal.upi.edu DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan minat belajar Peserta didik dengan prestasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 Tebat Kerai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. ALOTROP: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2 (1), 78-81. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/download/4740/2599 DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740
Sakti, H. P., & Sujadi, A.A. (2014). Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas X SMA Negeri Wangon. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (3). https://media.neliti.com/media/publications/356647-penerapanpembelajaran- kontekstual-untuk-afb998d6.pdf
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6 (1), 35-43. https://journal.lppmunindra.ac.id DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sobandi, A., & Nurhasanah, S. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). https://www.mendeley.com/catalogue/de3c976f-152a-34fc-b667-4581e1d1f72d/ DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. R & D dan Penelitian. Alfabeta Publishing.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. R & D dan Penelitian. Alfabeta Publishing.
Wahyuni, S. (2018). Pengaruh Aktivitas Belajar Peserta didik Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta didik MTs PAB 1 Helvatia Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. https://repository.uinsu.ac.id
Wildan, Hakim, A., & Supriadi. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan untuk Peserta didik SMP/Mts. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 3 (2), 135-139. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/22 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.22
Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4 (1), 6-11. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/download/870/pdf DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Copyright (c) 2024 Mesra Damayanti, Nurhidayah Nurhidayah, Jirana Jirana, Asriani Asriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints