Mengukur Efektivitas Model Virtual Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Halidin Halidin
Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar, Virtual Classroom, Virtual Flipped Classroom

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran virtual flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini berupa Quasi Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 46 siswa  dengan menggunakan  teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran virtual flipped classroom mengalami peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan dengan thit = 3.685 > ttabel = 1.717 yang berarti H0 ditolak. Sedangkan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran virtual classroom mengalami peningkatan hasil belajar matematika yang tidak signifikan dengan dengan thit = 0.097 < ttabel = 1,717   yang berarti H0 diterima. Sehinga model pembelajaran virtual flipped classroom lebih efektif dibanding model pembelajaran virtual classroom dengan dengan thit = 2.210 > ttabel = 1,682  yang berarti H0 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al‐Zahrani, A. M. (2015). From passive to active: The impact of the flipped classroom through social learning platforms on higher education students' creative thinking. British journal of educational technology, 46(6), 1133-1148.

Arnawa, I. N., & Setiawan, I. M. D. (2021). Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Tingkat Computer Self-Efficacy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 34-42.

Fuadi, T. M. (2021, October). Hubungan perguruan tinggi swasta dengan pemerintah dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 4, No. 1, pp. 267-286).

Ismail S. S & Abdulla hA. S. (2019). Virtual Flipped Classroom: Model Pengajaran Baru Untuk Memberi Pengetahuan dan Motivasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Sains. 9(2). 168-183. http://doi.org/10.3926/jotse.478

Kurniasih, A., Santoso, A. K., Riana, D., Kadafi, A. R., Dari, W., & Husin, A. I. (2020, November). TAM method and acceptance of COVID-19 website users in Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1641, No. 1, p. 012020). IOP Publishing.

Kurniasih, N., Hidayani, F., Muchlis, A., & Soebagyo, J. (2021). Analisis kemandirian belajar matematika siswa SMA kelas XI selama pembelajaran jarak jauh. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 117-126.

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Educational Technologia, 1(2). 160–170.

Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 38-49.

Noh, N. M., Abdullah, N., Teck, W. K., & Hamzah, M. (2017). Keberkesanan pendekatan Flipped Classroom dalam pembelajaran Sains di Sekolah Rendah: The effectiveness of Flipped Classroom approach in learning Science in Primary School. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik Malaysia, 7(2), 106-118.

Rahman, I. S., & Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh model pembelajaran laps (logam avebue problem solving)-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah. Wacana Akademia. 2(1). 48-60.

Rahman, I. S., Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 48-60.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 220-234.

Published
2023-07-31
How to Cite
Halidin, H. (2023). Mengukur Efektivitas Model Virtual Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika. SAINTIFIK, 9(2), 307 - 314. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i2.448