Analisis Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal Distribusi Frekuensi Ditinjau dari Indikator Pemecahan Masalah

  • Ully Hidayati Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Halidin Halidin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah, Distribusi Frekuensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesalahan mahasiswa menyelesaikan soal distribusi frekuensi ditinjau dari indikator pemecahan masalah. Distribusi frekuensi adalah konsep penting dalam statistika yang melibatkan pengelompokan data ke dalam kategori tertentu dan mencatat frekuensi kemunculan setiap kategori. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan dasar yang sangat penting dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Geografi di Universitas Sembilanbelas November Kolaka dimana terpilih tiga subjek yakni S1, S2, dan S3 yang tiap subjeknya mewakili masing-masing kategori kemampuan pemecahan masalah. Jawaban mahasiswa dianalisa menurut indikator kemampuan pemecahan masalah Polya. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah subjek S3 berada pada kategori rendah karena belum memenuhi seluruh indikator, kategori kemampuan pemecahan masalah subjek S2 berada pada kategori sedang karena memenuhi sebagian indikator, sedangkan subjek S1 sudah memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi karena memenuhi seluruh indikator. Deskripsi hasil jawaban mahasiswa juga menunjukan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah mahasiswa berbanding terbalik dengan tingkat kesalahan dalam menjawab soal. Dari hasil wawancara ditemukan faktor penyebab kesalahan yaitu adanya keterbatasan penguasan konsep dan ketidaktelitian mahasiswa. Hasil penelitian ini bisa menjadi pertimbangan dosen untuk meningkatkan kualitas mengajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. F. (2015). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN LINIER. Jurnal Edukasi, 1(2).

Andriani, T., Suastika, K., & Sesanti, N. R. (2017). ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI KELAS X TKJ SMKN 1 GEMPOL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39. DOI: https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1998

Ardian Ali, F., & Murni, V. (2023). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DISTRIBUSI FREKUENSI PADA MATA KULIAH STATISTIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1197–1212. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17309

Brijlall, D. (2015). Exploring The Stages of Polya’s Problem-solving Model during Collaborative Learning: A Case of Fractions. International Journal of Educational Sciences, 11(3), 291–299. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890401 DOI: https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890401

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. 6(1). DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v6i1.350

Firmansyah, M. A. (2017). ANALISIS HAMBATAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036

Fitria, R. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Vol. 2).

Gradini, E., Yustinaningrum, B., Safitri, D., Kunci, K., Polya, I., & Masalah, P. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Indikator Polya. 11(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1226

Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Dalam JIP (Vol. 8, Nomor 2). http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi DOI: https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2635

Hidayati, U. (2020). Analysis of Student Errors in Solving Trigonometry Problems. JME (Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.31327/jme.v5i1.1181 DOI: https://doi.org/10.31327/jme.v5i1.1181

Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. Dalam Suska Journal of Mathematics Education (Vol. 2, Nomor 1). DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1368

Isnaini, N., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI GENDER. Dalam Jurnal Natural Science Educational Research (Vol. 4, Nomor 1). DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3040

Jaya, I., & Ardat. (2013). Penerapan Statistik untuk Pendidikan (Vol. 1). Citapustaka Media Perintis.

Junaidi. (2015). Menyusun Distribusi Frekuensi dengan Microsoft Office Excel.

Kurniadi, G., & Putri Purwaningrum, J. (2018). KESALAHAN SISWA PADA KATEGORI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS RENDAH DALAM PENYELESAIAN TES KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3754

Pramono, A. J. (2017). Aktivitas Metakognitif Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 133–142. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.6703 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.6703

Saparwadi, L. (2023). Kesalahan Mahasiswa Administrasi Publik Dalam Menyelesaikan Soal Statistik.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kombinasi: Mixed Methods. Alfa Beta.

Zaimil, R. (2017). ANALISA KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA PERKULIAHAN STATISTIKA 1 FKIP UMMY SOLOK Roza Zaimil. 2(1).

Published
2023-07-31
How to Cite
Hidayati, U., & Halidin, H. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal Distribusi Frekuensi Ditinjau dari Indikator Pemecahan Masalah. SAINTIFIK, 9(2), 276 - 283. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i2.451