Transformasi Pembelajaran Berbasis Digital Model Quis Whizzer Sebagai Alat Evaluasi Guru Di SMA Negeri 3 Mawasangka

  • Karimuddin Karimuddin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Halidin Halidin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Pembelajaran, Quis Whizzer, Transformasi

Abstract

Pembelajaran digital merujuk pada penggunaan alat dan teknologi digital secara inovatif dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar, yang sering disebut sebagai Technology Enhanced Learning (TEL) atau e-Learning. masih banyak guru-guru belum memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran secara optimal, karena belum memiliki kompetensi untuk mengembangkan bahan pembelajaran berbasis digital pemanfaatan digital di kalangan guru pada berbagai jenjang nampaknya masih belum merata. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan transformasi pembelajaran berbasis digital dengan bantuan model quiz whizzer, sehingga bisa meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan guru sekaligus memberikan pelayanan yang maksimal bagi Peserta didik dalam evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 3 Mawasangka Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan model ADDIE yaitu yaitu analisis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation.  Hasil analisis menunjukan bahwa model Quiswhizzer sangat layak di gunakan, hal ini dibuktikan dari hasil angket respon validator ahli dengan rata-rata persentase sebesar 92,7% yang termasuk dalam rentang 90%-100% dengan kriteria “Sangat Baik, Tanpa Revisi”. Kemudian untuk respon Peserta didik dengan rata-rata persentase sebesar 96,3% yang mana jumlah ini berada di antara rentang 80%-100% dengan kriteria “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Brookfield, S.D. (2017). Becoming a Critically Reflective Teacher. 2nd Edition (2nd. Ed). Jossey-Bas. http: //repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf.

Dewi, R. S. (2018). Problematik Pelaksanaan Konseling Individual. FKIP Universitas Sultan Agung Tirrtayasa, 1–13.

Fitri dan Apriyadi, DW., (2022). Implementasi quizwhizzer sebagai media belajar digital

dalam pembelajaran Sosiologi kelas X dan XI SMAN 8 Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S). Vol. 2 No. 7, Hal 698-706, Juli 2022 ISSN: 2797-0132. DOI: https://doi.org/10.17977/um063v2i7p698-706

Kusaeri dan Supranoto, (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Yogyakarta: GrahaIlmu, 2012.

Putria, Aditin. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanto, AD. dan Ismayana, EA. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quiswhizzer Pada PTM Terbatas Muatan Pelajaran IPS Bagi Peserta didik Kelas VI SDN 2 Tuko. Cokroaminoto Journal Primary Education. Vol. 5 No. 1, Hal 104-110, April 2022 ISSN: 2654-6426. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1583

Published
2024-01-17
How to Cite
Karimuddin, K., & Halidin, H. (2024). Transformasi Pembelajaran Berbasis Digital Model Quis Whizzer Sebagai Alat Evaluasi Guru Di SMA Negeri 3 Mawasangka. SAINTIFIK, 10(1), 41 - 46. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i1.467