Digitalisasi Pendidikan Melalui Platform Merdeka Mengajar Bagi Guru SMP Negeri 26 Buton Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan platform Merdeka Belajar dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 26 Buton Tengah. Selain itu juga melihat kecocokan penggunaan Merdeka Belajar dengan karakteristik siswa di sekolah. Jika platform ini baik dan sesuai dengan karekateristik siswa di tempat penelitian maka disarankan untuk menggunakan platform ini sebagai media digital dalam proses pembelajaran. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 siswa yang terbagi dalam dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode true eksperimen dengan metode posttest-only control design. Hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,830 dan ttabel (;dk = = 1,6746. Karena thitung > ttabel (2,830 > 1,6746) maka H0 ditolak dengan kata lain terdapat perbedaan rata-rata nilai secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Downloads
References
Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. (2020). Merdeka Belajar: Reformasi Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Budiarti, N. I. (2022). Merdeka Mengajar Platform As A Support For The Quality Of Mathematics Learning. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 10(1), 13–25.
Dwiastuti, R. (2020). Digitalisasi Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 239-248. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493
Dian, R., Putri, P., Tutur, S., & Prabowo, M. (2023). Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) Konsep merdeka belajar pada sekolah dasar ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme The Concept of Independent Learning in Elementary Schools Reviewed from the Perspective of the Philosophy of Prog. 6(1), 1--12. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7169
Juliadilla, R. (N.D.). Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Https://Www.Ptonline.Com/Articles/HowTo-Get-Better-Mfi-Results
Kadir. (2015). Statistik Terapan Konsep , Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ngadiluwih, M. S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System ( Lms ). 01, 65–79. DOI: https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
Nasrum, Akbar. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Jayapangus Press: Bali
Pasini Mairing J, Rezeki M, Aritonang H, Yunas Lada E, Studi Pendidikan Matematika P. Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Pembelajaran Daring Asinkronus dan Sinkronus. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika. 2021;11(3):132–42. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15324
Prianti, D. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8, 238–244. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. (2021). Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengisian Konten Pembelajaran Pada Smkn 3 Seluma Untuk Mendukung Program Smk-Pk Tahun 2021. Jpmtt (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(2), 55–60.
Ri, K. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. Kurikulum Gtk.Kemdikbud.Go.Id.
Https://Kurikulum.Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Detail-Ikm/
Sugiyono (2019). Metodologi Penelitian Kuantitaif dan kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2024 Halidin idin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints