Efektivitas Model Pembelajaran Kumon terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII

  • Halidin Halidin
Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kumon, Hasil Belajar Matematika Siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tujuan 1) untuk mengetahui hasil belajar Pretest matematika siswa sebelum diajar dengan model pembeljaran Kumon; 2) untuk mengetahui hasil belajar Posttest matematika siswa setelah diajar dengan model pembelajaran Kumon; 3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kumon efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 05 Poleang Timur dalam pengajaran kubus dan balok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 05 Poleang Timur tahun ajaran 2018/2019 yang tersebar dalam 3 kelas pararel dengan jumlah 56 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling diperoleh satu kelas penelitian, yaitu kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara empiris (deskriptif) menunjukkan bahwa; 1) hasil belajar siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran Kumon yang terdiri dari 15 orang diperoleh nilai minimum 44.60, nilai maksimum 84.90, rata-rata (mean) 67.6013, varians 177.435, dan standar deviasi 13.32049; 2) hasil belajar siswa setelah diajar dengan model pembelajaran Kumon yang terdiri dari 15 orang diperoleh nilai minimum 49.71, nilai maximum 100, rata-rata (mean) 72.9993, varians 227.327, dan standar deviasi 15.07735; 3) melalui analisis lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa pada kelas penelitian telah menunjukkan kriterian sangat aktif dengan nilai rata-rata >80%. Hasil penelitian secara inferensial dengan menggunakan uji-t telah diperoleh nilai thitung = 4,79 dengan ttabel = 1.76, menunjukkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima. Secara inferensial ini berarti bahwa model pembelajaran Kumon efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 05 Poleang Timur dalam pengajaran kubus dan balok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Anca. 2015. Penerapan model pembelajaran Kumon menghasilkan kemandirian dan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan penerapan metode ekspositori pada siswa kelas VII SMP Takhassus Nuril Anwar Loano Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Purworejo: Skripsi tidak diterbitkan

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Irianto, A. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Kadir. 2015. Statistika Terapan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasrum, Akbar. 2017. Statistical Determination of Kolmogorov-Smirnov (D) by

Using Manual Way. Journal. Vol. 2, No. 2, July 2017. ISSN: 2541-6723.

Nuharini, Dewi, dkk. 2008. Matematika konsep dan aplikasinya untuk SMP/MTSkelas VIII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Jakarta : Ar-Ruzz Media.

Slavin, RE. 1994. Educational Pshycology Theory and practice, Fourth Edition Massachusetts. Allyn and Bacon Publisher.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito: Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed

Methods. Bandung: Alfabeta, cv.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published
2020-08-18
How to Cite
HalidinH. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kumon terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. SAINTIFIK, 6(2), 143-148. https://doi.org/10.31605/saintifik.v6i2.268