Analisis Model Dua Mangsa Satu Pemangsa dengan Pertahanan Kelompok dan Pemanenan Linear pada Mangsa

  • Fardinah Fardinah Universitas Sulawesi Barat
  • Darma Ekawati Universitas Sulawesi Barat
  • Hikmah Hikmah Universitas Sulawesi Barat
  • Ahmad Ansar Universitas Sulawesi Barat
Keywords: model mangsa pemangsa, pertahanan kelompok, pemanenan linear, kriteria Routh-Hurwitz

Abstract

Dalam lingkungan mangsa pemangsa, terutama yang terdiri atas lebih dari satu spesies mangsa, terdapat beberapa perilaku pemangsa dalam berburu mangsa. Pada umumnya pemangsa lebih suka berburu di suatu habitat untuk beberapa waktu dan kemudian merubah kemauannya ke habitat lain. Situasi ini sangat berbeda ketika spesies mangsa terdiri dari individu-individu dalam jumlah yang lebih besar dan dengan ukuran tubuh yang lebih besar dari pemangsa  serta memiliki kemampuan komunikasi untuk membentuk pertahanan kelompok sehingga mangsa tersebut dapat bertahan dan melawan pemangsa. Selain itu dapat juga dijumpai dalam suatu lingkungan bahwa terdapat spesies yang dapat dipanen untuk memenuhi kebutuhan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kestabilan model dua mangsa satu pemangsa dengan pertahanan kelompok dan pemanenan linear pada mangsa yang terdiri dari tiga subpopulasi yaitu dua jenis spesies mangsa dan satu pemangsa. Jenis kestabilan ditentukan berdasarkan karakteristik nilai eigen yang diperoleh dengan menggunakan kriteria Routh-Hurwitz. Dari penelitian ini diperoleh bahwa kepunahan subpopulasi pemangsa dan eksistensi semua subpopulasi dapat terjadi jika memenuhi kondisi yang disyaratkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benjamin, L.,Catherine, L.,& Jorge, R., 2008, Dynamics Of Ratio-Dependent Predator-Prey Models With Nonconstant Harvesting, Discrete And Continuous Dynamical Systems Series, Vol 1, pp. 303–315.
Gantmacher, F. R., 1959, Applications of The Theory of Matrices, Intersciences Publishers, New-York, USA.

Khan, Q.J.A. dan Balakrishnan, B., 2001, Analysis of a Predator – Prey System with Predator Switching, Bulletin of Mathematical Biology, Vol. 38 , pp. 449-458.
Mortoja, S. G., Panja, P., & Mondal, S. K., 2018, Dynamics of a Predator-Prey Model with Stage Structure on Both Species and Anti-Predator Behavior, Informatics in Medicine Unlocked, Vol 10, pp. 50–57.
Panja, P., Mondal, S. K., & Chattopadhyay, J., 2017, Dynamical Effects of Anti-predator Behaviour of Adult Prey in a Predator-Prey Model with Ratio-Dependent Functional Response, Asian Journal of Mathematics and Physics, Vol 1, pp. 19–32.
Perko, L., 1991, Differential Equation and Dynamical System, New York, SpringerVerlag Berlin Heidelberg.
Verhulst, F.,1990, Nonlinear Differential Equations and Dynamical Systems, Springer – Verlag, New- York, USA.
Published
2022-07-29
How to Cite
FardinahF., EkawatiD., HikmahH., & AnsarA. (2022). Analisis Model Dua Mangsa Satu Pemangsa dengan Pertahanan Kelompok dan Pemanenan Linear pada Mangsa. SAINTIFIK, 8(2), 197 - 203. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i2.381