Partial Least Square-Structural Equation Modeling pada Tingkat Kepuasan dan Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Online
Abstract
Pembelajaran secara online merupakan solusi terbaik terhadap kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19. Penyebaran COVID-19 secara global memberikan dampak di segala sektor, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Seperti halnya pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka/luring, pembelajaran daring ini memiliki beberapa kendala dalam pelaksanaannya, diantaranya dari kesiapan perangkat elektronik yang dibutuhkan, akses jaringan dan kesiapan peserta didik dalam melakukan adaptasi terhadap model pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kepuasan dan persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan online dengan menggunakan Partial Least Square-structural Equation Modeling (PLS-SEM). Model yang dibentuk hanya terdiri dari tiga variabel laten eksogen yang menunjukkan persepsi mahasiswa yaitu aspek pembelajaran, aspek kompetensi dosen, dan aspek sarana dan prasarana serta dua variabel laten endogen yaitu tingkat kepuasan dan prestasi akademik. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner terhadap Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat yang mengikuti perkuliahan secara online atau daring. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aspek pembelajaran dan aspek sarana dan prasarana berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dengan total pengaruh berturut-turut 0,249; 0,432. sementara aspek kompetensi dosen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dengan total pengaruhnya sebesar 0,149. Sementara tingkat kepuasan mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik dengan total pengaruhnya sebesar 0,158.
Downloads
References
Berutu, T. G., et al, 2018, Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan dalam Pemesanan Tiket Pesawat Secara Online Menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS), Jurnal Gaussian, No. 4, Vol. 7, Hal. 361-372. DOI: https://doi.org/10.14710/j.gauss.v7i4.28863
Chin, W. W., 1998, The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling, Marcoulides, G. A., Modern Methods For business Research, Lawrence Erlbaum Associates, London.
Halimah, S. N., 2017, Analisis Pengaruh Kuliatas Layanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien di Medical Center ITS dengan Metode Structural Equation Modeling - Partial least Square (SEM-PLS), Skripsi, Program Pasca Sarjana Departemen Statistika, Univ. ITS, Surabaya.
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. 2019. Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian (Konsep Dasar dan Aplikasi Program Smart PLS 3.2.8. dalam Riset Bisnis) , PT Inkubator Penulis Indonesia: Jakarta Pusat
Marliana, R. R., 2020, Partial Least Squares-Structural Equation Modeling pada Tingkat Kepuasan dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Online, Jurnal Matematika, Statistika, dan Komputasi, No.2, Vol.16, 174-186, : https://journal.unhas.ac.id/index.php/jmsk/article/view/7851 DOI: https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.7851
Riefky, M, Hamidah, W. N, 2019, Pemodelan SEM PLS pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Layanan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIPA Surabaya, Seminar Nasional Hasil Riset dan pengabdian, ke-II, Surabaya, 18 Oktober.
Sanchez, G, 2013, PLS Path Modeling With R, http://www.gastonsanchez.com/PLS_Path_Modeling_With_R.pdf, diakses tanggal 20 Februari 2021.
Supandi, E. D & S, S. S., 2020, Pengaruh Remunerasi dan Motivasi terhadap Kinerja pegawai UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Menggunakan Structural Equation Modeling, PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Semarang, 28 Februari.
Saragih O, et al., 2020, Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19, Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, No. 3, Vol. 7, Hal. 1-14. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4213
Ulum M, et al., 2014, Analisis Structural Equation Modeling (SEM) untuk Sampel Kecil dengan menggunakan Partial Least Square (PLS), Prosiding Seminar Nasional matematika, jember, 19 November.
Copyright (c) 2022 Suriana Suriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints