Analisis Klaster Pengelompokan Kecamatan di Sulawesi Barat Berdasarkan Indikator Pendidikan

  • Hikmah Hikmah Universitas Sulawesi Barat
  • Fardinah Fardinah Universitas Sulawesi Barat
  • Laila Qadrini Universitas Sulawesi Barat
  • Elviani Tande Universitas Sulawesi Barat
Keywords: analisis klaster, pendidikan, metode ward

Abstract

Berdasarkan Biro Pusat Statistik 2018, IPM Sulawesi Barat berada di peringkat ke 31 dari 34 provinsi di Indonesia, yang meliputi komposisi pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah pemerataan dan karakteristik tingkat pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah meng kecamatan di Sulawesi Barat berdasarkan indikator pendidikan dengan menggunakan analisis klaster metode ward. Analisis klaster merupakan salah satu metode analisis yang bertujuan untuk meng objek-objek berdasarkan kemiripan karakteristik yang dimilikinya. Dari hasil penelitian diperoleh 3 , yaitu klaster 1 (tinggi) terdiri atas 3 kecamatan, klaster 2 (sedang) terdiri atas 19 kecamatan, dan klaster 3 (rendah) terdiri atas 20 kecamatan. Pengan ini menggunakan jumlah siswa dan jumlah guru masing-masing dari KB, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Dengan adanya hasil penelitian ini, semoga pemerintah dapat memperhatikan pemerataan kecamatan khususnya berdasarkan indicator pendidikan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaliah, R., 2018, Analisis Clustering untuk Mengelompokkan Tingakt Kesejahteraan Kabupaten/ Kota Berdasarkan Sosial Ekonomi Rumah Tangga di Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Skripsi, Program Sarjana Matematika, UIN Alauddin, Makassar.
Fadhli. 2011, Analisis Cluster untuk Pemetaan Mutu Pendidikan di Aceh. Tesis. Program Pasca Sarjana. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Gudono, 2011, Analisis Data Multivariat Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE.
Hasrul, M., 2018, Analisis Kluster untuk Pengelompokkan Kabupaten/ Kota Di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Indikator Sosial Kesejahteraan Rakyat, Skripsi, Program Sarjana Matematika, UIN Alauddin, Makassar.
L.S., Dewi, dkk, 2021, Analisis untuk Pengelompokan Kabupaten/ Kota di Provinsi Maluku Berdasarkan Indikator Pendidikan dengan Menggunakan Metode Ward. Jurnaal Statistika dan Aplikasinya. Vol. 5, Issue 1, hal. 51-60.
Machfudhoh, S dan Wahyuningsih, N. 2013, Analisis Cluster Kabupaten/Kota Berdasarkan Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, Jurnal Sains dan Seni Pomits, Vol.2 No.1. hal 4-15.
Mattjik, A.A. dan Sumertajaya, I.M., 2011, Sidik Peubah Ganda Dengan Menggunakan SAS. Bogor: IPB Press.
RI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. dapo.kemdikbud.go.id. Juli 15, 2021. https://dapo.kemdikbud.go.id/pd/1/330000 (accessed 2021).
Rusman. 2019, Kualitas Pendidikan di Sulawesi Barat. Jurnal Mandar (Management Development and Applied Research) vol 1, No.2. hal 18-27.
Supranto, 2004, Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi Edisi Pertama, Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2022-07-29
How to Cite
HikmahH., FardinahF., QadriniL., & TandeE. (2022). Analisis Klaster Pengelompokan Kecamatan di Sulawesi Barat Berdasarkan Indikator Pendidikan. SAINTIFIK, 8(2), 188 - 196. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i2.383