Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

  • Fahri Fahri Universitas Sulawesi Barat
  • Ana Muliana M Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Fahri Tadjuddin Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Video Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan penggunaan media video pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 01 Tinambung dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pada penelitian ini kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Terdapat dua variabel yang diteliti yaitu minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian True-Eksperimental dengan desain pretest-postest control group design eksperimen. Hasil analisis deskriptif menunjukkan minat belajar matematika siswa kelas eskperimen dan siswa kelas kontrol dalam kategori rendah dan normalisasi gainnya berada dalam kategori tidak efektif. Hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori tinggi, dengan normalisasi gainnya berada pada kategori cukup efektif. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54-67. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121

Agustin, F. R., Kusmiati, E., & Supriatna, A. (2023). PENERAPAN METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV A. Jurnal Primary Edu, 1(3), 274-286. DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7404

Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 16-25. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Asyari, I., Saputra. S. Y., & Amelia. D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2018 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). 4(1). 35-46. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936

Azkiya, H., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409-427. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Azqia, M. A. (2020). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SDN Wanatirta 04 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes). In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 707-714). DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54391

Basar, A. M. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19:(Studi kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Bisri, H. (2013). Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Fathih, M. A. (2022). Meninjau Kembali Prinsip dan Perencanaan Supervisi Pendidikan Sebagai Pengawasan dalam Pendidikan yang Bersifat Pembinaan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 142-157. DOI: https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i2.384

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring dan luring dengan metode bimbingan berkelanjutan pada guru sekolah dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76. DOI: https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Nasution, M. K. (2019). Analisis Tren Dan Pola Hubungan Antara Index Integritas Ujian Nasional (Iiun) Dan Nilai Ujian Nasional (UN) Pada Siswa SMA IPA Di Provinsi Aceh. THABIEA: JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, 2(2), 57-69. DOI: https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5037

Ramadhan, A., & Susetyo, B. (2019). Penerapan Metode Klasifikasi Random Forest Dalam Mengidentifikasi Faktor Penting Penilaian Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 169-182. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i2.1327

Ramadhana, N. H., & Prastowo, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Web Powtoon Untuk Merangsang Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas 3 MI. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 879-894. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1162

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekataan Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Yahya, A., Vernando, C. L., & Herna, H. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TOBADAK. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-44. DOI: https://doi.org/10.47650/elips.v3i1.390

Published
2024-01-17
How to Cite
Fahri, F., Muliana M, A., & Tadjuddin, N. F. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik . SAINTIFIK, 10(1), 47 - 50. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i1.488