Profil Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

  • Jumahira Jumahira Universitas Sulawesi Barat
  • Ana Muliana M Universitas Sulawesi Barat
  • Aprisal Aprisal Universitas Sulawesi Barat
Keywords: kesulitan belajar, matematika, pembelajaran daring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene Tahun ajaran 2020/2021. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, dokumentasi, dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis dengan menghitung besar presentase hasil angket pada siswa kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene. Analisis data untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 secara mendalam adalah dengan analisis hasil wawancara. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu presentase kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene yaitu Gangguan belajar (Learning disorder) 66% (sangat tinggi), Ketidakmampuan belajar (Learning disability) 56% (tinggi), Gangguan fungsi belajar (Learning disfunction) 41% (sedang), Pemahaman belajar rendah (Slowly learner) 65% (sangat tinggi), Keinginan belajar rendah (Under achiever) 53% (tinggi). Persentase faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene yaitu kognitif 72% (sangat tinggi), afektif 53% (tinggi), psikomotorik 51% (tinggi), lingkungan keluarga 53% (tinggi), lingkungan sekolah 51% (tinggi), lingkungan masyarakat 43% (sedang).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. (2020). KBBI daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020: Pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) [Kebijakan singkat]. Pusat layanan kemendikbud: www.kemdikbud.go.id

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020: Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) [Kebijakan singkat]. Pusat layanan kemendikbud: www.kemdikbud.go.id

Lestari, K, E. & Yudhanegara, M, R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama

Nuriza, S, D. (2014). Pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan media puzzle dalam materi bangun ruang terhadap hasil belajar matematika siswa di SD. [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah]. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah.

Prastowo, A. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzzmedia.

Priatna & Yuliardi. (2018). Pembelajaran matematika untuk guru SD dan calon guru SD: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, E. (2012). Visual thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa dapat membangun karakter bangsa, UNIMED. Advance online publication: http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-28357-Visual%20Thinking%20dan%20Karakter.pdf

Trisnadewi, K. & Muliani, M, M. (2020). Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Covid-19 Perspektif Pendidikan. 17(4), 35-54.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Advance online publication: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index

Widyasari, N. M. D., Meter, I. G. & Negara, I. G. O. (2015). Analisis kesulitan-kesulitan belajar matematika siswa kelas IV dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Piloting se kabupaten Gianyar 3(1)

Published
2022-07-27
How to Cite
JumahiraJ., Muliana MA., & AprisalA. (2022). Profil Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. SAINTIFIK, 8(2), 134 - 145. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i2.364