Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas X Mipa SMA Negeri 1 Majene
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan literasi matematika peserta didik dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada pembelajaran matematika kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran secara langsung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasil analisis deskriptif menunjukan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan literasi matematika antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran secara langsung pada pembelajaran matematika. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi matematika pada kelompok peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran secara langsung pada pembelajaran matematika. Hasil analisis inferensial menunjukan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar peserta didik.
Downloads
References
Samin, S. (2020). Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran dan efikasi diri. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 21–32. DOI: https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3167
Lindawati. S.2018.Literasi Matematika Dalam Proses Belajar Matematika diSekolah Menengah Atas. Prinsip Pendidikan Matematika.1(1).28-33. DOI: https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.18
Zahro.N.F., & Haeruddin. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelsaikan Soal PISA. Jurnal Didactial Mathematics.4(1). 148-155. DOI: https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2073
Agustini. T., Junarti, Mayasari.N. 2022. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning). Journal of Technology Mathematics and Social Science. 1(2).28-35.
Astuti. P. 2018. Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prisma.1.263-268. Atsnan.M.F., Gazali.R.Y., Nareki.M.L. 2018. Pengaruh Pendekatan Problem Solving Terhadap kemampuan Representasi dan Literasi Matematis Siswa.Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 5(2).135-146. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.20120
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. KALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Zainal. N. F. Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL BASICEDU.6(3). 3584-3593. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650
Nurhaifah. I. I., Akhfar. M., & Nursyam. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Of Physics Educations.1(2).17-25. DOI: https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.19
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2023 Nurwahida Nurwahida, Ana Muliana M, Murtafiah Murtafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints