Efektivitas Pembelajaran Remedial Secara Daring pada Masa Belajar dari Rumah di SMA Negeri 1 Majene

  • Yanti Yanti Universitas Sulawesi Barat
  • Firman Firman Universitas Sulawesi Barat
  • Arlinda Puspita Sari Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Pembelajaran Daring, Remedial, BDR

Abstract

Proses pembelajaran dari rumah membawa berbagai dampak pada hasil belajar peserta didik, salah satunya yaitu tidak tercapainya nilai ketuntasan minimum sehingga diperlukan pembelajaran remedial. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran remedial yang dilaksanakan secara daring selama periode belajar dari rumah di SMA Negeri 1 Majene. Efektifitas pembelajaran ditinjau dari dua aspek yakni hasil belajar dan proses pembelajaran. Analisis data hasil belajar menunjukkan nilai Normalized Gain (N Gain) sebesar 0.55 yang berarti pembelajaran remedial efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil analisis angket respon guru  dan peserta didik  secara berturut-turut adalah 71, 67% dan 76,55%  yang berarti bahwa baik guru dan peserta didik menilai bahwa pembelajaran remedial secara daring efektif untuk dilaksanakan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran remedial secara daring di SMA Negeri 1 Majene efektif dari sudut pandang proses dan hasil pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chan, N. N., Walker, C., & Gleaves, A. (2015). An Exploration of Students’ Lived Experiences of Using Smartphones in Diverse Learning Contexts Using A Hermeneutic Phenomenological Approach. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.11.001
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Firman, Puspita Sari, A., & Firdaus. (2021). Aktivitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Berbasis Konferensi Video: Refleksi Pembelajaran Menggunakan Zoom dan Google Meet. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(2), 130–137. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/969
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile Computing Devices in Higher Education: Student Perspectives on Learning with Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Gökçearslan, Ş., Mumcu, F. K., Haşlaman, T., & Çevik, Y. D. (2016). Modelling Smartphone Addiction: The Role of Smartphone Usage, Self-Regulation, General Self-Efficacy and Cyberloafing in University Students. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.091
Hill, K., & Fitzgerald, R. (2020). Student Perspectives of The Impact Of COVID-19 On Learning. All Ireland Journal of Higher Education, 12(2). https://ojs.aishe.org/index.php/aishe-j/article/view/459
Karyanto, U. B. (2012). Strategi Pembelajaran Remedial dan Implementasinya dalam Pembelajaran | Forum Tarbiyah. Forum Tarbiyah, 9(1), 63–75. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/25/0
Kuhfeld, M., & Tarasawa, B. (2020). Collaborative For Student Growth. In NWEA. NWEA. 121 NW Everett Street, Portland, OR 97209. Tel: 503-624-1951; Fax: 503-639-7873; Web site: http://nwea.org.
Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. FOUNDASIA, 9(1).
Mutmainah, M., Irnidayanti, Y., & Puspitaningrum, R. (2015). Penerapan Program Remedial Dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 27(2), 187-192.
Nismalasari, N., Santiani, S., & Rohmadi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.23971/EDS.V4I2.511
Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A Literature Review on Impact of COVID-19 Pandemic on Teaching and Learning. Higher Education for the Future, 8(1), 133–141. https://doi.org/10.1177/2347631120983481
Prasetyo, Bambang., & Jannah, Lina Miftahul. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. In EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling (Vol. 2, Issue 1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Sari, R. K. (2016). Pelaksanaan Pengajaran Remedial Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Ii Sd N 1 Sedayu. BASIC EDUCATION, 5(14), 1-362.
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Slamet, S. (2015). Pembelajaran Remedial untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VI SDN Genengan 2 pada Pembelajaran Matematika FPB dan KPK). An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 2(1), 97–117. http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/41
Waruwu, T. (2020). IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 285–285. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1697.
Published
2021-07-31
How to Cite
YantiY., FirmanF., & Puspita SariA. (2021). Efektivitas Pembelajaran Remedial Secara Daring pada Masa Belajar dari Rumah di SMA Negeri 1 Majene. SAINTIFIK, 7(2), 112-117. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.332
Section
Articles