Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Kelas X IPA SMA Negeri 2 Majene

  • Sainab Universitas Sulawesi Barat
  • Firman Firman Universitas Sulawesi Barat
  • Kartini Ahmad Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Pengembangan, Perangkat pembelajaran biologi, Keterampilan proses sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran biologi berbasis Keterampilan Proses Sains di kelas X IPA SMA Negeri 2 Majene. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan dari Tjeerd Plomp, yang terdiri dari beberapa fase yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fese desain, (3) realisasi, (4) fase tes, evaluasi dan revisi, dan (5) fase implementasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian dibagi atas tiga yaitu lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan perangkat, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisien validasi isi untuk perangkat pembelajaran memperoleh rata-rata yaitu 3,50. Untuk kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran 3,70 sedangkan untuk keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari angket respon peserta didik 2,87, proses ini mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan. Untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, diperoleh rata-rata ketuntasan belajar peserta didik adalah 78,24% yang mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kategori keefektifan dengan jumlah 25 orang peserta didik. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis keterampilan proses sains pada mata pelajaran biologi di kelas X IPA 3 yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, N. P. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Informasi Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Respirasi Di Kelas XI IPA SMAN 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa.Skripsi (Online).http://respositori.uin.alauddin.ac.id.pdf (Diakses pada tanggal 20 Januari 2019). DOI: https://doi.org/10.21927/ijubi.v2i2.1139

Arianti, Winda, 2017. Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.Skripsi (Online).http://repositeri.uinalauddin.ac.id/7184/1/WIDA/ 20ARIANTI.pdf (Diakses pada tanggal 20 Januari 2019).

Dewi, Erni Ratna. 2018. Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(44-52). (Online).http://ojs.unm.ac.id/pembaljar/article/view/5442(Diakses pada tanggal 18 Maret 2019). DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Hapsari, T.R., Vandalita, M.M.R., Makrina T. 2017. Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Examples Non Examples Dan Permasalahan Siswa Terkait Hasil Belajar Biologi Di SMA.Jurnal Pendidikan. 3(204-209), (Online). http//journal.um.ac.id/jppt.php/JF /article/view File/403/374 (Diakses hari Rabu tanggal 10 Juli 2019).

Kinasih, Arum Mawar. 2017. Problematika Guru Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Muhammadiyah 14 Surakarta.(Online).http://eprints.ums.ac.id/50853/1/artikel%20 publikas.pdf (Diakses pada tanggal 18 Maret 2019)

Suryani., Amining Rahmasiwi., Dewi Puspita Sari., (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta didik dalam Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. (Online).https://media.neliti.com/media/publications/174936-ID-none.pdf(Diakses pada tanggal 20 Desember 2018).

Trianto, 2010.Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published
2021-01-31
How to Cite
Sainab, Firman, F., & Ahmad, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Kelas X IPA SMA Negeri 2 Majene. SAINTIFIK, 7(1), 52-58. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i1.300