Gambaran Umum Trigona spp. di Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan

  • Phika Ainnadya Hasan
  • Andi Gita Maulidyah Universitas Sulawesi Barat
  • Ahmad Baihaqi Universitas Sulawesi Barat
Keywords: keanekaragaman hayati, Stingless bee, Trigona spp.

Abstract

Lebah madu tidak bersengat tersebar dibeberapa pulau di Indonesia, diantaranya Jawa, Kalimantan dan Sulawesi dengan beberapa spesies endemik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai lebah madu tidak bersengat Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bersifat eksploratif yang dilakukan di tiga desa di Kabupaten Luwu Utara, yaituDesa Sabbang, Desa Baebunta dan Desa Bone-bone. Hasil pengamatan menunjukan terdapat tiga jenis lebah tidak bersengat yang dominan, yaitu Trigona incisa, Trigona leviceps dan Trigona biroi.Terdapat perbedaan jenis pakan pada ketiga desa yang menyebabkan perbedaan warna sarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatma II., Haryanti S., Suedy SWA., 2017. Uji Kualitas Madu pada beberapa Wilayah Budidaya Lebah Madu di Kabupaten Pati. Jurnal Biologi. 6(2):58-65.

Guntoro, YP., 2013. Aktivitas dan Produktivitas Lebah Trigona laeviceps di Kebun Polikultur dan Monokultur Pala (Myristica fragrans). Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Mahmud A., 2008. Pengembangan Lebah Madu dalam rangka Gerakan Pembangunan Masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Hutan dan Masyarakat. 3(1):89-100.

Michener CD., 2007,The Bees of The World second edition, The Johns Hopkins University Press, Maryland.

Riyandoko, Riendriasari SD., 2016. Memelihara Lebah Trigona: Panen Madu Tanpa Tersengat. Lembar Informasi Kanoppi.

Riendriasari SD., Krisnawati. 2017. Produksi Propolis Mentah Lebah Madu Trigona spp. di Pulau Lombok. J Hut Trop. 1(1): 71-75.

Suriawanto, N., 2016. Keanekaragaman dan Tempat Bersarang Lebah Tak Bersengat (Hymenoptera: Apidae) di Sulawesi Tengah. Thesis. Instiut Pertanian Bogor.

Syafrizal, Taringan D., Yusuf R., 2014. Keragaman dan Habitat Lebah Trigona pada Hutan Sekunder Tropis Basah di Hutan Pendidikan Lempake, Samarinda, Kalimanatan Timur. Jurnal Teknologi Pertanian. 9(1):34-38
Published
2020-08-14
How to Cite
Ainnadya Hasan, P., Gita Maulidyah, A., & Baihaqi, A. (2020). Gambaran Umum Trigona spp. di Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan. SAINTIFIK, 6(2), 121-124. https://doi.org/10.31605/saintifik.v6i2.267