Pengaruh Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan, tentang pengaruh penerapan stategi pembelajaran card sort terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Majene.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas X IPA SMA Negeri 2 Majene tahun pelajaran 2014/2015. Dari 4 kelas X IPA, dipilih dua kelas yakni X IPA-3 sebagai kelompok eksperimen dan X IPA-2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar biologi. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-post test control group design.Data diolah dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran card sort diperoleh nilai mean 2, 840 dengan standar deviasi 1,640. Sedangkan hasil belajar peserta didik yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran card sort diperoleh nilai mean 1, 640 dengan standar deviasi 1,036.Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Majene yang diajar dengan strategi pembelajaran card sort lebih baik daripada yang diajar tanpa menggunakan card sort pada materi pelestarian lingkungan karena setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, maka diperoleh t hitung kelas eksperimen 12,389 ? t tabel 3,745 dan t hitung kelas kontrol 7,915 ? t tabel 3,745 berarti hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Card Sort, Hasil Belajar Biologi.
Downloads
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints