Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA

  • Jirana Jirana Universitas Sulawesi Barat
  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Sulawesi Barat
  • Mesra Damayanti Universitas Sulawesi Barat
  • Farida Farida Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Metode Pembelajaran Gallery Walk, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri 3 Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Metode pembelajaran gallery walk sebagai variabel bebas dan hasil belajar pada materi sistem pernapasan sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas XI IPA yang terdiri atas 2 kelas. Teknik pengambilan sampel berbasisi purposive sampling dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes, rancangan proses pembelajaran (RPP), dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan prasyarat data terdistribusi normal dan homogen dengan bantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran gallery walk kelas eksperimen diperoleh nilai posttest rata-rata 84,94% dan kelas kontrol diperoleh nilai rata” 73,06%, (2) uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00 berarti Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri 3 Majene.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhammad, dkk. (2020 ). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: sultan agung.

Amirullah. (2015). Populasi dan sampel (pemahaman, jenis dan teknik). In Amirullah, metode penelitian manajemen 67-80. Malang: Bayumedia PublishingMalang.

https://zenedo.org/record/825326/files/POPULASI%20DAN%SAMPEL.pdf

Ariestianta, N. (2013). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Gangguan Fungsi Faal Paru pada Pekerja bagian Finishmill dan Packertonasa 2 & 3 pada PT. Semen Tonasa. (Skripsi). Fakultas Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Dengo, F. (2018). Penerapan Metoden Gallery Walk Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pemlajaran IPA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6 (1), 42. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p42-51

http://Library.Walisongo.Ac.Id/Digilib/Files/Jurnal/Manajemen/Pendidikan/Islam.

Dina, P. A. E., & Rasmuin. (2019). Implementasi Metode Gallery walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C Mata Pelajaran IPS MTsN Batu. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8 (2), 87-101. https://journal.stimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/download/117/106 DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.117

Djamarah, & Bahri S. (2012). Psikologi Belajar. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Fadli, F., Gimin, dan Zahirman. (2014). “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar PPKn Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru”. JOM FKIP Universitas Riau, 1 (1), 1-14. https://www.neliti.com/id/publications/206046/

Luzyawati, L., & Hamidah, I. (2020). Implementasi metode Gallery Walk terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa pada materi virus. Bio Educatio, 5(2), 378774. DOI: https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2230

Joko M. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar.Yogyakarta, 3 (2), 90-103 https://media.neliti.com

Kahayun, (2015). Pengaruh Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Sejarah Di Sman 1 Natar. http://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/Pes/Article/View/8197.

Kasim, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mengartikan Surat-surat Pendek melalui Metode Card Sort Mapel Qur’an-Hadits Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 16 Semarang Tahun Pelajaran 2015-2016. (Skripsi) Doctoral dissertation, UIN Walisongo. https://eprints.walisongo.ac.id/eprints/6141

Kurniawan, M. Y., & Wuryadani W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. jurnal civics, 14 (1): https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558 DOI: https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558

Kusaeri. (2014). Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:AR-RUZZMEDIA.

Majid, Abdul. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Manik, Y., M., & Bangun, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kelas X Di SMA Negeri 1 Perbaungan. Jurnal Equilibrium, 7 (2), 126-130. https://JurnalEquilibrium/publication/3424.

Noviyanti, Deby. (2017). Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Minat Belajarsiswa Mata Pelajaran Biologi Di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi. Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan Universitas islam Negeri Raden Fatah Palembang. Palembang

Putri, D. R. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran gallery walk pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMAN 11 Banda Aceh. (Skripsi). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Rijal, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMAN 14 Gowa (Skripsi) Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rohyeni. (2015). Efektivitas Penerapan Metode Gallery Walk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Lambang Bilangan Semester I Kelas IV Tahun 2012 MI Islamiyah Banyuputih Batang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Sanjaya, Wina. (2015). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana.

Sardiman A. M. (2017). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slameto. (2012). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2015). Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono., (2019). Metode Penelitian R&D dan penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sumartono, & Normalina. (2015). Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Di Smp . Jurnal Pendidikan Matematika, 84 - 91.https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/638 DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.638

Tipa Sari, D. P. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Gallery Walk Melalui Media Gambar Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/755

Widarti, (2013). Pembelajaran Gallery Walk Berpendekatan Contextual Teaching Learning Materi Sistem Pencernaan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gringsing T.P 2011/2012. Journal of Biology Education, 2 (2), 11-17. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Yusnidar. (2014). “Penerapan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Analytical Exposition Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA-1 MAN Model Banda Aceh”. Journal GEEJ (Getsempena English Education Jurnal), I (1), 55-63. https://ejournal.bbg.ac.id/geej/article/view/676

Published
2024-07-10
How to Cite
Jirana, J., Nurhidayah, N., Damayanti, M., & Farida, F. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA . SAINTIFIK, 10(2), 166 - 174. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i2.524