Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel
Abstract
Penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran think pair share pada materi sel berdampak pada kegiatan dan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Campalagian. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas XI MIPA. Kelas XI MIPA 2 ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 ditetapkan sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar meningkat 9,25%, dengan nilai rata-rata akhir 81,67% di kelas eksperimen dan 72,08 di kelas kontrol. Dengan demikian, nilai uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <0,005, yang menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memberikan pengaruh terhadap aktivitas belajar siswa dengan peningkatan sebesar 9,59% pada materi sel kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Campalagian. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan skor aktivitas belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari skor kelas kontrol setelah perlakuan pada materi sel kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Campalagian.
Downloads
References
Agustini SR. Aseptianova. Nizkon. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Media Ani,asi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Reproduksi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) dan Paku (Pteridophyta) di Kelas X SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Kognisi. Vol. 3 No. 2 Hal 28-41.
Armstrong, N., Chang, S., & Brickman, P. (2007, June 1). Cooperative Learning in Industrial-sized Biology Classes. American Society for Cell Biology, 6(2), 163-171. https://doi.org/10.1187/cbe.06-11-0200 DOI: https://doi.org/10.1187/cbe.06-11-0200
Burron, B., James, M L., & Ambrosio, A L. (1993, September 1). The effects of cooperative learning in a physical science course for elementary/middle level preservice teachers. Wiley-Blackwell, 30(7), 697-707. https://doi.org/10.1002/tea.3660300708 DOI: https://doi.org/10.1002/tea.3660300708
Huda M. 2017. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Karmila, H., Amilda, A., & Jayanti, E. (2020, January 1). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI SISTEM KOLOID. , 4(1), 75-87. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i1.5506 DOI: https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i1.5506
Kusuma FW. Mimin NA. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shahre Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume X No. 2 Hal 43-63. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912
Lia A. 2017. Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Untuk meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA AL-AZHAR 3 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v3i1.296
Nurhayati, S. (2021, June 14). MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ASPEK BERBICARA: SEBUAH HIPOTESIS. , 15(1), 20-32. https://doi.org/10.38075/tp.v15i1.145 DOI: https://doi.org/10.38075/tp.v15i1.145
Pangkali T. Iriwi LS. Sri Wahyu W. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Gelombang Mekanik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Volume 05 No. 2 hal 173-181. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.117
Rizkiyah M. Trapsilo P. Bambang S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Disertai Metode Guided Note Taking (GNT) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Lurus Di SMA Negeri Rambipuji. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 6 No. 3 hal 278-284.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Saenab S. Imanuela P. (2012). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Mangkutana. Jurnal Bionature. Volume 13 No. 2 Hal 127-135
Slavin, R E., Leavey, M., & Madden, N A. (1984, March 1). Combining Cooperative Learning and Individualized Instruction: Effects on Student Mathematics Achievement, Attitudes, and Behaviors. University of Chicago Press, 84(4), 409-422. https://doi.org/10.1086/461373 DOI: https://doi.org/10.1086/461373
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surayya L, I W. Subagia, I N. Tika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Program Pascarsarjana. Volume 4 Tahun 2014. Halaman 1-11.
Yulianingsih B. Abdul G. Mohammad A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPA Pada Siswa Kelas XII SMK. Jurnal Pendidikan. Vol. 2 No. 1 Hal 1-11.
Zakia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran TPS Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Redoks. Jurnal Artikel Penelitian.
Copyright (c) 2024 Nurmiati Nurmiati, Phika Ainnadya Hasan, Syarrafah Marwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints