Sistem Pengelolaan Laboratorium Fisika SMA/MA di Kabupaten Kolaka

  • Surya Ningsih Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Abstract

Observasi ini bertujuan untuk mengamati sistem pengelolaan laboratorium Fisika untuk mewujudkan pelaksanaan praktikum yang efisien tingkat SMA Negeri di Kabupaten Kolaka. Metode yang dilakukan yaitu metode obervasi. Metode observasi adalah cara mengumpulkan informasi dan data yang relevan dengan mengamati dan mendeskripsikan suatu objek. yang diobservasi adalah kondisi dari laboratorium fisika, mulai dari alat dan bahan, pengelolaan dan sebagainya. Hasil observasi yang dilakukan di SMAN 1 Kolaka, SMAN 2 Kolaka MAN 1 Kolaka, MAN 2 Kolaka, dan SMAN 1 Wolo menunjukkan bahwa terdapat beberpa permasalahan dalam pengelolaan laboratorium fisika disekolah, misalnya alat praktikum yang kurang lengkap, guru fisika yang sangat minim jumlahnya, tidak adanya laboran dan struktur pengorganisasian yang belum lengkap sehingga pengelolaan lab kurang maksimal. Dari hasil observasi dapat disimpulkan bahwa laboratorium fisika di beberapa sekolah di kabupaten kolaka masih belum maksimal dalam penggunaannya karena disebabkan beberapa hal, diantaranya tidak adanya laboran, alat dan bahan prakitikum masih kurang sehingga dalam pelaksanaan praktikum Mata pelajaran Fisika belum terlkasana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2019, November). Pelatihan pengelolaan laboratorium fisika bagi guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan. 1(1). 9-14.

Kemendiknas, 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan.

Kemendiknas, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Nomor 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana sekolah Dasar/Madrasah Tsnawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah menengah atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA).

Rindiani, F., Putri, A., Dwisari, V., Ningrum, A. S., Putri, N. M., Jannah, N. A., Nuraini, L., & Harijanto, A. (2023). ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM FISIKA DI SMAN 1 GENTENG. PHYDAGOGIC: Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 6(1), 15 - 21. https://doi.org/10.31605/phy.v6i1.3136

Suseno, Nyoto. (2012). Peran Praktikum dalam Mengembangkan Kemampuan dan Karakter Mahasiswa Calon Guru Fisika. Metro: Prosiding Seminar Nasional kel-1 UM Metro 2012. Tim Lesson Studi FKIP UM Metro.

Yanti, D. E. B., Subiki, S., & Yushardi, Y. (2017). Analisis sarana prasarana laboratorium fisika dan intensitas kegiatan praktikum fisika dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran fisika sma negeri di kabupaten jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 41-46.

Yuyung, A., Sari, S. S., & Yani, A. (2020). Analisis pemanfaatan laboratorium fisika di sma negeri 5 makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM. Vol 2. 49-51.

Published
2024-01-31
How to Cite
Ningsih, S. (2024). Sistem Pengelolaan Laboratorium Fisika SMA/MA di Kabupaten Kolaka. SAINTIFIK, 10(1), 120 - 123. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i1.496