Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Kelas V UPT SD Negeri 135 Botto Maiwang Kabupaten Enrekang

  • Musfirah Musfirah Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Halik Universitas Negeri Makassar
  • Minarti Amir
Keywords: Problem Based Learning, Siklus Air, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik muatan IPA tentang siklus air siswa kelas V UPT SD Negeri 135 Botto Maiwang Kabupaten Enrekang dan mengetahui peningkatan hasil belajar tentang siklus air dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar tentang siklus air siswa kelas V UPT SD Negeri 135 Botto Maiwang Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 20 siswa dan guru. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi Cukup (C) yaitu 73%, pada aspek siswa berada pada kualifikasi cukup (C) yaitu 72% dan hasil belajar pada kualifikasi cukup (C) yaitu 63%. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik (B) yaitu 93%, pada aspek siswa berada pada kualifikasi baik (B) yaitu 97% dan hasil belajar pada kualifikasi baik (B) 84%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tentang siklus air dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 135 Botto Maiwang Kabupaten Enrekang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-29
How to Cite
Musfirah, M., Halik, A., & Amir, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Kelas V UPT SD Negeri 135 Botto Maiwang Kabupaten Enrekang. SAINTIFIK, 9(2), 242 - 247. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i2.446