Penerapan Model TSTS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 184

  • Rezki Rusman
  • Abdul Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Musfirah Musfirah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif, Tipe Two Stay Two Stray, Proses Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar tentang keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia pada siswa kelas V UPTD SPF SDN 184 Kabupaten Soppeng. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar tentang keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia pada siswa kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi kelas V dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 13 siswa. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Sedangkan siklus III hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian yaitu dengan menerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia pada siswa kelas V UPTD SPF SDN 184 Kabupaten Soppeng.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-31
How to Cite
Rusman, R., Hakim, A., & Musfirah, M. (2023). Penerapan Model TSTS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 184 . SAINTIFIK, 9(2), 329 - 334. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i2.442