Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)

  • Muhammad Asri SMAN 2 Makassar
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournaments (TGT), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamaent. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA  SMA Negeri 2 Makassar tahun ajaran 2019-2020 sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajarn Kooperatif Tipe Teams Games Tournamaent. Hasil yang diperoleh analisis deskriptif kulaitatif dan deskriptif kuantitatif adalah sebagai berikut: Keaktifan siswa dalam kerja kelompok; keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-soal secara berkelompok; keaktifan siswa dalam game yang diberikan serta keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas rumah yang diberikan. Dari skor hasil belajar siswa terlihat ada peningkatan, yaitu: skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 64,61 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 dengan standar deviasi 10,40. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,97  dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 dengan standar deviasi 8,46. Dari keterangan pada data hasil penelitian di atas mengindikasikan bahwa dengan menerapkan metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournamaent terjadi peningkatan hasil belajar Matematika kelas XI MIPA MIPA 5 SMA Negeri 2 Makassar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. 1994. Pengelolaan Pengajaran. Ujung Pandang: PT Bintang Selatan.
Ahmadi, H. Abu. 1997. Cara Belajar yang Mandiri dan Sukses. Solo: Penerbit Aneka Solo.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Haling, Abdul. 2006. Belajar Pembelajaran. Makassar: FIP UNM.
Hudoyo, Herman. 2000. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Neegeri Malang.
Nur, M. dan Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivistik dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Oemar, Hartono. 1995. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Saiful. 2005. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sahabuddin, H. 1999. Mengajar dan Belajar (Dua Aspek dari suatu Proses yang Disebut Pendidikan). Makassar: FIP UNM.
Sardiman, A. M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:PT Rineka Cipta
Suherman, E dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA
Sulaeman, Nasution. 2004. Belajar dan Mengajar. Bandung: Bina Aksara.
Rahmadi.2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tim MKPBM 2001. Strategi pembelajaran kontetemporer. Bandung: JICA
Tim Instruktur Jurusan Matematika. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Asesmen Pembelajaran Matematika. Makassar:FMIPA UNM
Yuwono 2001. Matematika 3. Jakarta: Balai pustaka
Published
2022-07-26
How to Cite
Asri, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT). SAINTIFIK, 8(2), 108 - 113. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i2.374