Efektivitas Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Makassar
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran deskriptif hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Makassar yang diajar dengan pendekatan kontekstual, (2) Gambaran deskriptif hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Makassar yang diajar dengan pendekatan konvensional, (3) Efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dibandingkan dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Makassar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Makassar pada semester genap 2018/2019 dan dipilih secara simple random sampling dimana 2 kelas yang diambil sebagai kelas sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 77,93 dan standar deviasi 15,36 dari skor ideal 100, (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 59,38 dan standar deviasi 15,35 dari skor ideal 100, (3) Dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai thitung > ttabel (4,600 > 2,010) sehingga H0 ditolak atau terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual dengan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional, dimana hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional
Downloads
References
Berns, R.G. & Erickson, P.M. 2001. Contextual Teaching and Learning. The Highlight Zone : Research a Work No. 5
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning (CTL). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama
IMSTEP-JICA. (1999). Monitoring Report on Current Practice on Mathematics and Science Teaching and Learning. Bandung :IMSTEP- JICA
Johnson E.B. 2007. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Nurhadi. 2002. Pendekatan kontekstual, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen.
Tiro, M.A. 1999. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: State University of Makassar Press.
Zulkardi. 2001. Seminar Sehari Realistic Mathematics Education. Bandung: UPI Bandung.
Copyright (c) 2022 Muhammad Asri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints