Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi Prodi Ekonomi Syariah Stain Watampone

  • Rahma Hidayati Darwis STAIN Watampone

Abstract

Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto yang bersifat korelasional yang dilaksanakan di STAIN Watampone yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika ekonomi mahasiswa. Pengambilan sampel penelitian akan menggunakan teknik random sampling atau secara acak kelas dengan jumlah 30 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tiga variabel penelitian yaitu Hasil Belajar Matematika ekonomi, Minat Belajar dan Kreativitas Belajar. Teknik statistik yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian adalah teknik statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Dari data yang terkumpul kemudian di analisis secara kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah di analisis diketahui bahwa: Minat belajar mahasiswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika ekonomi mahasiswa, Kreativitas belajar mahasiswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika ekonomi mahasiswa, Minat dan Kreativitas belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika ekonomi mahasiswa. Hasil pengujian hipotesis pertama dengan uji t memperoleh nilai t hitung 4,392 > t table 1,669. Hasil pengujian hipotesis kedua dengan uji t memperoleh nilai t hitung 3,102 > t table 1,669. Hasil pengujian hipotesis ketiga dengan melihat nilai probabilitas yang lebih kecil dari α = 0,05 makaH0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa minat dan kreativitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa.

Kata kunci: Hasil Belajar, model pembelajaran Minat dan Kreativitas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-02
How to Cite
Darwis, R. H. (2016). Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi Prodi Ekonomi Syariah Stain Watampone. SAINTIFIK, 2(2), 74-85. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.99