PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

  • Syamsiara Nur Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar kognitif biologi melalui penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil belajar kognitif dalam bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi aktivitas pengamatan siswa, dan tes hasil belajar yang dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, tiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I 65,63 dan pada siklus II meningkat menjadi 87,71, dan meningkatkan hasil belajar kognitif biologi dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 36,7%, pada siklus II meningkat menjadi 90%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Aktivitas siswa dan hasil belajar kognitif biologi siswa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar, Respon Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-02
How to Cite
Nur, S. (2018). PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. SAINTIFIK, 1(1), 34-40. https://doi.org/10.31605/saintifik.v1i1.75