Pengembangan Media Presentasi Interaktif Semi Laboratorium Virtual pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis

Keywords: R2D2, Media Presentasi, Interaktif, Listrik Dinamis, Semi Virtual Laboratory, Pendidikan Fisika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang secara umum bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar Fisika/bahan bacaan siswa pada pokok bahasan listrik dinamis untuk SMA kelas X semester 2 dan (2) Mengembangkan produk perangkat pembelajaran Fisika berbasis
komputer berupa media presentasi interaktif semi laboratorium virtual untuk pembelajaran di kelas. Model pengembangan media yang digunakan adalah model R2D2, terdiri dari tiga tahap yaitu: (1) penetapan (define), (2) perancangan (design), pengembangan (develop) dan (3) diseminasi terbatas (disseminate). Penelitian ini dilaksanakan dijurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Makassar mahasiswa S1. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif.
Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kesahihan media presentasi interaktif Semi Laboratorium Virtual pada pokok bahasan listrik dinamis. Media presentasi interaktif divalidasi oleh seorang pakar media pembelajaran dan dilakukan penilaian oleh praktisi yakni mahasiswa program pascasarjana (S2) yang berprofesi sebagai guru sebanyak 13 orang dan uji coba terbatas dilakukan pada mahasiswa jurusan fisika (S1) sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media presentasi interaktif Semi Laboratorium Virtual meliputi penilaian validator (ahli dan praktisi) memberikan penilaian rata-rata 89,2 % untuk kulitas perangkat lunak dan 87,5 % untuk daya tarik, dan penilaian Untuk hasil penilaian oleh praktisi diperoleh rata-rata persentase untuk kepraktisan dan sistematika media presentasi interaktif adalah 88 % atau tergolong dalam kategori baik. Pada saat uji coba terbatas juga secara rata-rata diperoleh penilaian 82 % semua berada pada kategori baik. Hasil penilaian tersebut lebih tinggi dari standar penerimaan yang telah ditentukan yaitu 75,0
%, hal ini menunjukkan bahwa perangkat lunak presentasi yang merupakan media pembelajaran yang diperuntukkan untuk Guru sebagai media presentasi interaktif Semi Laboratorium Virtual dalam melakukan pembelajaran di kelas, memenuhi kesahihan atau valid untuk digunakan sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jushadi Arman Saz, Universitas Sulawesi Barat

Physics Education, Certified BNSP Programmer
ResearcherID: R-6885-2017
Publons
SINTA ID : 6163601
Google Scholar
Mobile: +62 85255454489
Email: hadi@unm.ac.id

Fadhila Alibas, Universitas Sulawesi Barat

Physics Lecturer

References

Amin, M. 1984. Hakekat sains. Yogyakarta : FPMIPA IKIP Yogyakarta.

Beiser, Arthur.1992. Konsep Fisika Modern (Edisi Keempat). Jakarta: Gelora Akasara Pratama.

Berg, B. L. (2007). Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson Education, Inc.

Criswell L. Eleanor, (1989), The Design of Computer Based Instruction, New York: Macmilan Publishing Company.

Edwards, Clifford H. & Fisher, Robert F. 1977. Teaching Elementary School Science :A Competency-Based Approach. New York: Praeger Publisher.

Harun, Jamaluddin. Tasir Zaidatun. 2003. Multimedia dalam Pendidikan. Bontang: PTS Publication

Hasrul, 2010. Jurnal MEDTEK, Volume 2, Nomor 1, Halaman 2.

Hocine Belmili, 2011, Semi-Virtual Laboratory Design For Photovoltaic Generator characterization DOI: https://doi.org/10.3384/ecp110572930

Performance, http://www.ep.liu.se/ecp/057/vol11/032/ecp57vol11_032.pdf, diakses tanggal 1 Mei

Jerry Willis, 2000, A General Set of Procedures for Constructivist Instructional Design: The New R2D2 Model, http://www.lavaredwards.com/edpsych/research/R2D2.pdf, diakses tanggal 1 Mei 2013.

Jerry Willis, 2000, Constructivist Instructional Design: Creating a Multimedia Package for Teaching Critical Qualitative Research, http://www.nova.edu/ssss/QR/QR5-1/colon.html, diakses tanggal 1 Mei 2013

Kristiningrum. 2007. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0 Pada Materi Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Skripsi.Semarang: Unnes.

Kuslan, L. & A.H. Stone. 1969. Teaching children science: an inqury approachs. California: Wadsworth Publishing Company, Inc.

Rusman, 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sumaji., Soehakso., Wijaya,M. dkk. 1998. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisus. Hubbard, Peter et al. 1983. A training Course for TEFL, Oxford University Press: Oxford.

Marc Couture, 2003, The Virtual Physics Lab (VPLab), http://benhur.teluq.uqam.ca/~mcouture/lvp/vplab/VPLdesc.htm, diakses tanggal 1 Mei 2013. Teunis (Tim) Roos, 2012, The R2D2 Model of Instructional Design, http:/etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/The_R2D2_Model_of_Instructional_Design diakses tanggal, 1 Mei 2013.

Yusuf, Oik, 2012, 2013, Pengguna Internet Indonesia Bisa Tembus 82 Juta, http://tekno.kompas.com/read/2012/12/13/10103065/2013.pengguna.internet.indonesia.bisa.te mbus.82.juta, diakses tanggal 1 Mei 2013.

Zen, M.T. 1984. Sains, Teknologi dan Hari Depan Manusia. Jakarta : Gramedia

Published
2018-09-02
How to Cite
Saz, J. A., Alibas, F., Yani, A., & Nurhayati. (2018). Pengembangan Media Presentasi Interaktif Semi Laboratorium Virtual pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. SAINTIFIK, 1(1), 26-33. https://doi.org/10.31605/saintifik.v1i1.68