Pengembangan E-Module Gerak Harmonik Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker

  • Silvia Anggri Wijaya Universitas Cenderawasih
Keywords: E-modul, Gerak Harmonik, Kvisoft Flipbook Maker

Abstract

Studi ini berfokus pada pengembangan e-modul fisika menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk topik gerak harmonik pada getaran pegas. E-modul ini dirancang sebagai materi ajar tambahan untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan 3-D (modifikasi dari model 4-D), meliputi tahapan Definisi, Desain, dan Pengembangan. Untuk mengukur kelayakan produk dan respons siswa, instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian produk dan angket respons siswa, dengan analisis data berbasis skala baku. Hasilnya menunjukkan bahwa e-modul gerak harmonik yang dikembangkan valid dan layak digunakan, serta mendapat respons sangat positif dari peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, R., Corebima, A., & Rohman, F. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek. http://hdl.handle.net/11617/8009

Diani R, & Hartati N. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional. J Inov Pendidik IPA, 4(2), 234–244.

Herayanti, L., Gummah, S., Sukroyanti, B., Gunawan., & Makhrus, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Moodle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 158-167. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.803

Hunaidah, La Sahara, Husein, & Vivi. (2022). Pengembangan E-Modul Model Pembelajaran Cinqase Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 137-150.

Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Befikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2728

Mulyaningsih, N, & Saraswati, D. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32. https://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741

Najihah, S., Hasniza., & Johari. (2019). Concept Cartoon in Problem-Based Learning A Systematic Literature Review Analysis. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 51-58. https://doi.org/10.3926/jotse.542

Nufus, H., Susilawati., & Linda, R. (2020). Implementation of E-Module Stoiciometry Based on Kvisoft Flipbook Maker for Increasing Understanding Study Learning Concepts of Class X Senior High School. Journal of Educational Sciences, 4(2), 261-272. https://dx.doi.org/10.31258/jes.4.2.p.261-272

Parlin, Iswanto., & Budi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kvisoft Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Medan Magnet. In: Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) Snf, 135–140.

Permana , I. B., Wirawan, I. A., & Sindu, I. P. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(2). https://dx.doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11083

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. https://bsnp-indonesia.org/

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sanuaka, I., Ariawan,K., & Sutaya, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Interaktif Multimedia dalam Mata Pelajaran Teknik Animasi 3D dan Teknik Animasi 2D di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1), 9-20. https://dx.doi.org/10.23887/jjpte.v6i1.20226

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Jurnal Invotec, 9(2), 110-116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Y., Asyhari, A., & Amelya, P. (2024). E-Modul Fisika Berbasis Socio-Scientific Issues Menggunakan Perangkat Lunak Flip PDF Professional: Pengembangan E-Modul Pada Materi Momentum Dan Impuls. Biochephy: Journal of Science Education, 4(1), 366-372. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1158

Widoyoko, E. (2011). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.

Published
2024-07-31
How to Cite
Wijaya, S. A. (2024). Pengembangan E-Module Gerak Harmonik Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker. SAINTIFIK, 10(2), 370 - 375. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i2.608