Korelasi Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 1 Sakti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara minat belajar siswa serta hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA N 1 Sakti pada tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif korelasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni desain deskriptif korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment).. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX di SMAN 1 Sakti yang berjumlah 61 orang. Teknik pengambilan sampel yang dipilih oleh penulis yaitu Purposive Sampling. Sebagai bagian dari penelitian, kelas X IPA 1 dipilih sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 orang, sementara kelas X IPA 2 dijadikan kelas eksperimen, juga dengan jumlah 30 orang Instrumen yang digunakan adalah tes hasil beljar dan angket minat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada indikator (1) perhatian siswa dengan skor 77,23%, (2) perasaan senang dengan skor 66,21%, (3) ketertarikan siswa dengan skor 81,6% dan keterlibatan siswa dengan skor 80,29%. Untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai persentasenya 72,72% dengan ktagori sangat baik. Sehingga nilai korelasi antara minat belajar dan hasil belajar siswa mencapai 0,517% dengan tingkat signifikan 3% artinya ada pengaruh antara minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Sakti.
Downloads
Copyright (c) 2025 Ulil Azmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints