Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Pemanfaatan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Pemanfaatan Alat peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Sinjai. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pemanfaatan alat peraga pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Sinjai. (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pemanfaatan alat peraga pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Sinjai. (3) Untuk mengetahui model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pemanfaatan alat peraga efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Sinjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Sinjai yang berjumlah 309 peserta didik yang terdiri atas 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampelnya kelas IX4 sebagai kelas kontrol dan kelas IX3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa test essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif dan inferensial dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pemanfaatan alat peraga dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pemanfaatan alat peraga pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sinjai.
Downloads
Copyright (c) 2025 Hasma Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints