Kepercayaan Diri dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Fisika Dasar Prodi Teknik Informatika

  • Dewanthikumala Dewanthikumala Universitas Tomakaka
  • Salma Salma SD Negeri Sabbala
Keywords: Kepercayaan Diri, Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan tujuan untuk mendeskripsikan kepercayaan diri, gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar; menganalisis hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar; menganalisis hubungan antara gaya belajar dengan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar; dan menganalisis hubungan antara kepercayaan diri dan gaya belajar dengan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. Dengan variabel penelitian adalah kepercayaan diri, gaya belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Tomakaka tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 40 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh bahwa kepercayaan diri, gaya belajar, dan motivasi belajar berada dalam kategori cukup baik. Sementara hasil analisis uji hipotesis mengemukakan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dan gaya belajar terhadap motivasi mahasiswa mata kuliah fisika dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-31
How to Cite
Dewanthikumala, D., & Salma, S. (2025). Kepercayaan Diri dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Fisika Dasar Prodi Teknik Informatika. SAINTIFIK, 11(1), 71 - 81. https://doi.org/10.31605/saintifik.v11i1.561