Pengembangan Media Pembelajaran Papan Vektor Guna Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa

  • Taqiyyah Nabila Putri Universitas Negeri Medan
  • Khairunnisa Wahidah
  • Hanifa Putri Ramadhani
  • Dimas Wibowo
  • Kairuddin
Keywords: Papan Vektor, Motivasi Belajar, Minat Belajar, Media Pembelajaran, Model 4D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa papan vektor untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa pada materi penjumlahan vektor di kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan hasil 100%, yang termasuk kategori "Sangat Layak". Uji coba pada 24 siswa kelas XI menunjukkan peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata pretest 50,4 menjadi 88,33 pada posttest, dengan tingkat ketuntasan meningkat dari 20,83% menjadi 95,83%. Angket respon siswa menunjukkan persentase rata-rata sebesar 79%, yang masuk kategori "Sangat Setuju", mencerminkan respons positif terhadap penggunaan papan vektor. Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran papan vektor efektif, praktis, dan layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep vektor secara interaktif dan aplikatif Hal ini dimaksudkan agar media ini dapat membantu menciptakan pengembangan pembelajaran matematika yang lebih kreatif dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-31
How to Cite
Taqiyyah Nabila Putri, Khairunnisa Wahidah, Hanifa Putri Ramadhani, Dimas Wibowo, & Kairuddin. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Vektor Guna Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa. SAINTIFIK, 11(1), 41 - 48. https://doi.org/10.31605/saintifik.v11i1.559