Pengembangan Media Pembelajaran Papan Vektor Guna Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa papan vektor untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa pada materi penjumlahan vektor di kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan hasil 100%, yang termasuk kategori "Sangat Layak". Uji coba pada 24 siswa kelas XI menunjukkan peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata pretest 50,4 menjadi 88,33 pada posttest, dengan tingkat ketuntasan meningkat dari 20,83% menjadi 95,83%. Angket respon siswa menunjukkan persentase rata-rata sebesar 79%, yang masuk kategori "Sangat Setuju", mencerminkan respons positif terhadap penggunaan papan vektor. Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran papan vektor efektif, praktis, dan layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep vektor secara interaktif dan aplikatif Hal ini dimaksudkan agar media ini dapat membantu menciptakan pengembangan pembelajaran matematika yang lebih kreatif dan menarik.
Downloads
Copyright (c) 2025 Taqiyyah Nabila Putri, Khairunnisa Wahidah, Hanifa Putri Ramadhani, Dimas Wibowo, Kairuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints