Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMK Kehutanan Negeri Makassar
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan model pembelajaran matematika realistik. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, tanggapan siswa, dan tes. Analisis data hasil penelitian yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh (1) menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada siklus I adalah 82,94 dan standar deviasi adalah 5,27.Pada siklus II adalah 91,73 dan standar deviasinya adalah 2,96. (2) Dari 34 orang siswa pada siklus I terdapat 11 siswa (32,35%) yang belum tuntas belajar dan 23 siswa (67,65%) yang telah tuntas belajar. Pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa (100,00%) yang telah tuntas belajar.(3) Pada indikator kelancaran siklus I nilai rata-rata yaitu 70 dan siklus II meningkat menjadi 81 berada pada kategori tinggi, indikator keluwesan nilai rata-rata siklus I yaitu 69 berada dikategori sedang sedangkan silkus II nilai rata-rata meningkat menjadi 78 berada kategori tinggi, dan indikator keaslian nilai rata-rata siklus I yaitu 69 berada pada kategori sedang sedangkan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 77 berada pada kategori tinggi. Secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika juga akan meningkat selain itu, siswa belajar secara berkelompok pada siklus II, yang sebelumnya belajar secara individu pada siklus I.
Downloads
Copyright (c) 2024 Nurdyanti Suaedy, Hasma Dewi, Andi Jusmiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints