Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Barisan Dan Deret Berorientasi Kemampuan Pemahaman Konsep

  • Lisnasari Andi Mattoliang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Dwi Febryanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nurnadirah Nurnadirah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fiqriyatul Fijaar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ghina Amaliah Nurdin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Pemahaman Konsep, Pengembangan, Video Pembelajaran

Abstract

Integrasi teknologi pada pembelajaran abad 21 memungkinkan pembelajaran dapat disajikan dalam bentuk video menarik. Kurangnya pemahaman mengenai cara efektif dalam menggunakan video dalam pembelajaran, utamanya dalam menunjang pemahaman konsep siswa menjadi hambatan terwujudnya hal tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media video pembelajaran dalam menunjang kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). model pengembangannya yaitu model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima fase, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek berjumlah 19 siswa kelas X MA Ash-Shalihin. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penilaian dari ahli media diperoleh persentase 88,5% dengan kategori “sangat baik”, dan penilaian dari ahli materi sebesar 97,2% dengan kategori “sangat baik”, hal ini menunjukkan kevalidan video. Hasil dari angket respons guru menunjukkan persentase 92,04% yang berarti media yang dikembangkan sudah sangat praktis. Hasil dari angket respons siswa menunjukkan persentase 91,7% yang berarti media yang dikembangkan sudah sangat memuaskan. Adapun pada penilaian hasil belajar diperoleh nilai pretest rata-rata siswa adalah 50,97% dan nilai posttest yaitu 78,61%. Hasil olah data menunjukkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan peneliti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, F., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Budiarti, R. S., Harlis, Subagyo, A., Muswita, & Aina, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Filmora bagi MGMP Biologi Tanjung Jabung Barat. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(3), 1170–1180.
Dafit, F., Sari, D. P., Ervina, D. I., Setiyawati, E., & Annisyah, F. (2023). Program Gerakan Literasi Di SDN Provinsi Riau. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 03(05), 1970–1984. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.964
Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2688
Hayati, J. J. R., Budi, E., & Budi, A. S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Kosep Refutation Text Dalam Menyelesaikan Permasalahan Miskonsepsi Pada Materi Suhu dan Kalor. Hayati, Julia Jasmin Rifka, Esmar Budi, dan Agus Setyo Budi. 2023. “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Kosep Refutation Text Dalam Menyelesaikan Permasalahan Miskonsepsi Pada Materi Suhu dan Kalor.” Hal. 259–66 in Vol. XI., XI, 259–266. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF36
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Lubis, A. P. A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Lusiana. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Menggunakan Kinemaster. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Mega, N. A., Nissa, H., & Nugraha, A. (2020). Memfasilitasi Pemelajar Modern Dengan Video Pembelajaran Yang Efeketif dan Menarik. Jurnal Teknodik, 23(2), 137–148. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.518
Rofilah, S., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2438–2451. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.874
Sistadewi, K., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Materi Pecahan Senilai Untuk Kelas IV Di SD No.1 Mengwi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Tegeh, I. M., & Kirna, I. Ma. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model.
Yunita, Y. (2019). Pendekatan Saintifik pada Topik Sel Volta. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 4(1), 49. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.5198
Published
2024-07-31
How to Cite
Mattoliang, L. A., Febryanti, D., Nurnadirah, N., Fiqriyatul Fijaar, & Nurdin, G. A. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Barisan Dan Deret Berorientasi Kemampuan Pemahaman Konsep. SAINTIFIK, 10(2), 239-247. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i2.529