Pengaruh Model Project Based Learning pada Motivasi Mahasiswa Untuk Belajar Materi Strategi Pembelajaran Fisika

  • Fadhila Fadhila Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Project Based Learning, Motivasi, Strategi Pembelajaran Fisika

Abstract

Jenis penelitian quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model Project-Based Learning pada motivasi mahasiswa untuk belajar  materi strategi pembelajaran fisika disemester 4 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sulawesi Barat. Subject penelitian ini adalah semua mahasiswa semester IV (empat). Kelas 2022A sebagai kelas eksperimen dan kelas Kelas 2022B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model project based learning dan model konvensional dalam meningkatkan motivasi mahasiswa. Hal ini terlihat dari Hasil uji t menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Namun, perbedaannya tidak signifikan secara statistik, t (25,39) = 0,34, p > 0,05. Model project based learning tidak memberikan dampak lebih besar pada motivasi belajar strategi pembelajaran fisika mahasiswa dibandingkan dengan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fadhila Fadhila, Universitas Sulawesi Barat

Dosen

Published
2024-07-14
How to Cite
Fadhila, F. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning pada Motivasi Mahasiswa Untuk Belajar Materi Strategi Pembelajaran Fisika . SAINTIFIK, 10(2), 175 - 181. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i2.525