Pengaruh Model Project Based Learning pada Motivasi Mahasiswa Untuk Belajar Materi Strategi Pembelajaran Fisika
Abstract
Jenis penelitian quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model Project-Based Learning pada motivasi mahasiswa untuk belajar materi strategi pembelajaran fisika disemester 4 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sulawesi Barat. Subject penelitian ini adalah semua mahasiswa semester IV (empat). Kelas 2022A sebagai kelas eksperimen dan kelas Kelas 2022B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model project based learning dan model konvensional dalam meningkatkan motivasi mahasiswa. Hal ini terlihat dari Hasil uji t menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Namun, perbedaannya tidak signifikan secara statistik, t (25,39) = 0,34, p > 0,05. Model project based learning tidak memberikan dampak lebih besar pada motivasi belajar strategi pembelajaran fisika mahasiswa dibandingkan dengan metode konvensional.
Downloads
Copyright (c) 2024 Fadhila Alibas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints