Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMP

  • Lamria Indriani Situmeang
  • Abdul Fatah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Jaenudin Jaenudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Pengaruh, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pemahaman Konsep, Kreativitas

Abstract

Motivasi penelitian ini dipengaruhi tingkat kesulitan yang tinggi yang dialami peserta didik dalam memahami konsep matematika, serta kurangnya kesempatan bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui ide dan pemikiran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan menilai apakah kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas siswa di SMP dapat ditingkatkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII SMPN 10 Kota Serang. Siswa tersebut berada pada kelas VII B dan VII D, diambil dengan menerapkan teknik purposive sampling. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan desain Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data melalui instrumen tes pemahaman konsep dan angket kreativitas. Penelitian ini menghasilkan fakta bahwa kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas siswa yang diberi pembelajaran berbasis proyek lebih baik dari siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Sesuai dengan hasil independent sample t-test diperoleh  signifikansi dari data posttest adalah 0,004 dan 0,026, artinya sig.<0,05=α.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
Situmeang, L. I., Fatah, A., & Jaenudin, J. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. SAINTIFIK, 10(2), 269 - 275. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i2.517