Joyful Learning Berbasis Ice Breaking Guna Meningkatkan Minat dan Konsentrasi Belajar Mahasiswa

  • Irajuana Haidar Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Dian Ulfa Sari Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Jahring Jahring Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nurwahida Nurwahida Institut Agama Islam Negeri Parepare
Keywords: Joyful Learning, Ice Breaking, Minat, Konsentrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kosentrasi belajar mahasiswa pada matakuliah kalkulus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan data yang disajikan dengan deskriptif. Instrument dalam PTK ini adalah berupa lembar observasi minat belajar mahasiswa dan lembaran angket kosentrasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 tahapan siklus, yang terdiri dari 3 pertemuan di masing-masing siklus. Sebelum di terpakan PTK ini, terlebih dahulu telah diperoleh data pra siklus, yang menunjukkan bahwa pada indikator minat dan kosentrasi belajar mahasiswa tidak ada satupun indikator yang berada 75% serta rataanya sebesar 55% dan 47%. Sehingga dilaksanakanlah tindakan pada Siklus I dan diperoleh hasil rataan sebesar 76% yang telah memenuhi ketuntasan minimal, namun syarat ketentuan indikator belum terpenuhi yaitu 5 indikator belum mencapai 76%. Sedangkan pada hasil analisis angket kosentrasi belajar mahasiswa pada Siklus I dengan nilai rataan sebesar 66% yang belum memenuhi syarat ketuntasan minimal sebesar 76% dan belum ada indikator kosntrasi yang memenuhi syarat ketuntasan. Sehingga berdasarkan hal-hal yang diperoleh pada Siklus I maka perlu ada perbaikan pada Siklus II. Pada pelaksanaan tindakan di Siklus II menujukkan hasil yang meningkat. Hasil observasi minat belajar diperoleh rataan sebesar 87% dan seluruh indikatornya menujukkan memenuhi syarat ketuntasan minimal. Begitupun pada hasil analisis angket kosentrasi belajar mengalami peningktan dengan rataan sebesar 83% dan 8 dari 10 indikator telah memenuhi syarat ketuntasan 76%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
Haidar, I., Sari, D. U., Jahring, J., & Nurwahida, N. (2024). Joyful Learning Berbasis Ice Breaking Guna Meningkatkan Minat dan Konsentrasi Belajar Mahasiswa. SAINTIFIK, 10(2), 226 - 234. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i2.508