Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains

  • Ela Syahratul Mufidah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Edy Kurniawan Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Besaran Fisika dan Pengukuran, Keterampilan Proses Sains, Modul Pembelajaran

Abstract

Fisika merupakan pembelajaran yang bersifat abstrak dan mengharapkan peserta didik mampu berpikir kritis dan mempraktikkan proses sains dalam pemahaman konsepnya. Sedang observasi awal pada perangkat pembelajaran, khususnya modul pembelajaran belum mengakomodasi keterampilan proses sains peserta didik dalam belajar fisika. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian terdiri dari tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini yakni tenaga ahli sebagai validator modul, guru mata pelajaran fisika, dan peserta didik SMA Negeri14 Gowa kelas X MIPA 1 sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis keterampilan proses sains menggunakan 4 indikator yaitu melakukan pengamatan, mengelompokkan, meprediksi, dan mengkomunikasikan. Hasil penilaian validator terhadap modul diperoleh 0,98% dengan kategori baik, dan efektifitas modul dari angket respon guru diperoleh 80,00% dikategorikan positif, angket respon siswa diperoleh 71,93% dikategorikan positif dan skor keterampilan proses sains diperoleh 85.00% dikategorikan sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-31
How to Cite
Mufidah, E. S., Rahmawati, R., & Kurniawan, E. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains. SAINTIFIK, 9(2), 352 - 357. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i2.465