Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Motivasi Belajar

  • Adeline silaban Universitas Cenderawasih
  • Muhammad Akbar Universitas Cenderawasih
  • Siti Hajar Universitas Cenderawasih
Keywords: Discovery Learning, Penilaian Autentik, Motivasi Belajar

Abstract

Memilih metode pembelajaran juga menjadi kunci ketertarikan peserta dalam mengikuti pembelajaran. Sebagian pengajar lebih memilih metode ceramah, hal ini dikarenakan lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan metode pembelajaran yang melibatkan peserta untuk lebih aktif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen yaitu merupakan penelitian  yang  dimaksudkan  untuk  mengetahui  ada  tidaknya pengaruh dari sesuatu yang dikenakan  pada subjek yaitu siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis penilaian autentik dan kelompok control yang menggunakan metode konvensiolan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020-2021 bertempat di prodi pendidikan fisika Universitas Cenderawasih. Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling  secara untuh sehingga terpilih kelas angkatan 2021. Akhir hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kelas control 49,6 dan eksprimen 76,7. Hasil tes normalitas dan homogenitas data diperoleh lebih besar dari nilai signifikan yaitu 0,20 dan 0,55. Hasil tes uji-t  memperlihatkan adanya pengaruh model discovery learning berbasis penilaian autentik denga nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agriawan, M. N., Saldi, M., & Kadir, M. R. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN GERAK LURUS PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 2(2), 45-48. https://doi.org/10.31605/phy.v2i2.1492

Iwantara I W, (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman. Tesis (Tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Jhon W Santrock. (2013). Psikologi Pendidikan,Kencana: Jakarta, hal. 357

Kalsum, U., Hamzah, H., & Nurdia, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LAB VIRTUAL PHET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. PHYDAGOGIC: Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 2(1), 29-37. https://doi.org/10.31605/phy.v2i1.1345

Mubarok, C. dan Sulistyo, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Tav pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03(01), 215 – 221.

Mudjia Rahardjo. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitati. Konsep Dan Prosedurnya. Malang. Hal. 7

Nurlaila. 2016. Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Fisika Pada Peserta Didik Kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(1) 2302-8939

Saddia, A. (2020). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LISTRIK STATIS KELAS IX SMP NEGERI 8 MAKASSAR. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 3(1), 16-24. https://doi.org/10.31605/phy.v3i1.996

Salmi, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang, Jurnal Profit, 6(1), 1-16

Published
2024-01-12
How to Cite
silaban, A., Akbar, M., & Hajar, S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Motivasi Belajar. SAINTIFIK, 10(1), 29 - 34. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i1.461