Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

  • Juwita Wati Universitas Sulawesi Barat
  • Murtafiah Murtafiah Universitas Sulawesi Barat
  • Amran Yahya Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Google Classroom, Hasil Belajar Matematika, Covid-19

Abstract

Proses pembelajaran selama pandemi covid 19 mengubah kebiasaan pendidikan formal di sekolah. metode pembelajaran yang efektif dilakukan tatap muka di sekolah kini harus berubah menjadi pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif untuk menghindari penularan covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen (Pre experimental design) dengan menggunakan desain one group pretest posttest, Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tabulahan tahun ajaran 2020/2021 yaitu kelas X IPA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes hasil belajar peserta didik. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan program SPSS 20 for windows. Berdasarkan analisis deskriptif terhadap hasil belajar (posttest) diketahui bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar menggunakan aplikasi google classroom sebesar 87,545 dengan kategori tinggi sekali (77%). Uji hipotesis yang digunakan adalah paired sample test dengan nilai signifikan  yang berarti  diterima dan  ditolak sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Damayanti, M., & Jirana, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Tinambung. SAINTIFIK, 4(1), 47-53. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.143 DOI: https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.143

Darmawan, Y., & Ariyanto, M. P. (2019). Penggunaan Aplikasi google classroom dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Harisuddin, M. I. (2020). Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa smpn 2 kotabaru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 205-215. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.146

Humairah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. SAINTIFIK, 3(1), 15-23. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.107 DOI: https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.107

Nurani, N. I., Uswatun, D. A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1), 50-56. DOI: https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1151

Nurjanah, S., Kusuma, A.P., & Deswita, D. (2020 December). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik melalui Virtual Classroom Menggunakan Goggle Classroom dan WhatsApp Group pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Al-khairiyah 1 Pagi Jakarta Utara. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II. 304-309. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/vew/617

Qomar, M. (2012). Kesadaran Pendidikan Sebuah Penentu Keberhasilan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533-538.http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29099

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1). http://dx.doi.org/10.29100/insp.v17i1.1568

Yuliana, Y., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2017). Efektifitas penggunaan laboratorium terhadap motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 39-45. https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3278

Published
2024-01-14
How to Cite
Wati, J., Murtafiah, M., & Yahya, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAINTIFIK, 10(1), 35 - 40. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i1.454