Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

  • St. Maryam M Universitas Negeri Makassar
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar
  • Maudy Ramadhany Universitas Negeri Makassar
Keywords: PTK, Model Probing Prompting, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Probing Prompting dalam meningkatkan proses pembelajaran matematika tentang pengumpulan dan penyajian data dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang pengumpulan dan penyajian data peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari guru dan peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 85 Parepare sebanyak 20 peserta didik. Fokus utama penelitian ini adalah pada proses dan hasil pembelajaran matematika, khususnya dalam konteks pengumpulan dan penyajian data, dengan penerapan model pembelajaran Probing Prompting. Adapun teknik pengumpulan data melibatkan observasi, tes, dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Pada siklus pertama, hasil observasi menunjukkan bahwa guru mencapai kualifikasi K, sementara peserta didik berada pada kualifikasi C. Hasil tes belajar menunjukkan nilai rata-rata sebesar 65,5. Pada siklus kedua, terdapat peningkatan, dimana hasil observasi guru meningkat ke kualifikasi B, observasi peserta didik naik ke kualifikasi B, dan nilai rata-rata tes belajar mencapai 79. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting, terjadi peningkatan signifikan dalam proses dan hasil pembelajaran peserta didik mengenai pengumpulan dan penyajian data di kelas V SDN 85 Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiani ,Maryam S. M., & Yulia. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar di Kabupaten Soppeng. Pinisi Journal of Education, 1(2), 93–106.

Budiyanto, M. A. K. 2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Fahrurrozi & Hamdi. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Hikmawati,Feni. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Gaja Grafindo

Ishak, A.M.F., Israwaty, I., & Halik, A. 2021. Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Barru. Pinisi Journal of Education, 1(1), 44 & 46.

Lestari D., Rezeki S., & Istikomah E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.Jurnal Aksiomatik Vol 8 No.2 DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14278

Lukman., Mukhlisa, N., & Mahmud, S. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Peserta didik di UPT SD Negeri Se-Desa Mangki Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 4(2), 1.

Maryam, S. M., Nurul Mukhlisa & Dede Tri Rezky (2022). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Meningkatkan Hasil Belajar tentang Peran Ekonomi Peserta didik di Kelas V UPTD SD Negeri 46 Parepare. JUARA SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 1 (2), 101–107

Saba'Pasinggi, Y., Zainal, Z., & Nurfauziah, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Selama Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 62-71. DOI: https://doi.org/10.56013/axi.v7i2.1240

Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Usman, Wahyuni, S., & Yani, A. (2018). Penerapan Metode Question Based Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 21 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 14(1), 1–5.

Utoyo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan di Kelas V.A SD Negeri 114/X Pandan Jaya. Journal on Education, 4(1), 244–255. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.446

Wijaya, & Syahrum. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan Penelitian untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: Cita putaska Media Perintis.

Published
2024-01-19
How to Cite
M, S. M., Usman, U., & Ramadhany, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. SAINTIFIK, 10(1), 60 - 66. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i1.453