Identifikasi Bentuk Penyelesaian Soal Fisika Peserta Didik SMA Pada Kategori Soal Level Kognitif 2
Abstract
Strategi penyelesaian soal dengan menggunakan pola penyelesaian dalam pembelajaran fisika dapat memberikan dampak positif bagi siswa dalam meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah untuk setiap mata pelajaran. Soal pada level kognitif aplikasi membutuhkan kemampuan lebih tinggi dari pada level pengetahuan dan pemahaman. Level kognitif 2 mencakup dimensi proses berpikir menerapkan atau mengaplikasikan. Diharapkan peserta didik dapat menemukan rumusan yang tepat bagi mereka bila berhadapan dengan problema fisika yang lain. Bila hal ini telah dikaji dengan menghubungkan kemampuan penyelesaian soal peserta didik terhadap kemampuan kognitif yang dimiliki oleh peserta didik maka dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam rangka membekali peserta didik dengan skills yang diperlukan untuk menyelesaikan soal Fisika. Dengan tujuan penelitian ini menganalisis pola penyelesaian soal fisika level 2 peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pola penyelesaian untuk Soal Level 2 Fisika berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut; Mengeksplorasi masalah, mengumpulkan data, merencanakan solusi, melaksanakan solusi, memeriksa jawaban.
Downloads
References
Anderson, L.W., & David R, K. (2013). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparno. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Suroto, D. S. N. A. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Journal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo,
Widiasih, P. A., & Damayanti, T. (2018). The profile of problem solving ability of students of distance education in science learning. 4th international seminar of mathematics, science and computer science education, (pp.1-6).Retrieved from https://iopscience.iop.org DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012081
Young., & Freedman. (2013). Sears and zemansky university physic: with modern physics. San Francisco : Pearson Education.
Copyright (c) 2023 Hutri Isra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints