Hubungan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Minat Meneruskan Pendidikan Peserta Didik
Abstract
Setiap siswa memiliki motivasi belajar dan prestasi belajar yang berbeda sehingga minat atau dorongan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi juga berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene (2) untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene. (3) untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dan motivasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene dengan jumlah 156 orang. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri atas 112 siswa dengan perwakilan masing-masing kelas XII MIPA. Pengumpulan data motivasi belajar dan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan menggunakan angket yang disebarkan dalam bentuk google form melalui aplikasi WhatsApp, dan pengumpulan data prestasi belajar menggunakan nilai rapor (evaluasi kognitif) peserta didik kelas XI MIPA pada pelajaran biologi semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan pada peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene diketahui dari nilai signifikansi (0,000). (2) tidak terdapat hubungan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan pada peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene yang ditunjukkan melalui nilai signifikansi (0,141). (3) terdapat hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan minat melanjutkan pendidikan pada peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Majene dengan melihat nilai signifikansi (0,000).
Downloads
References
Agustina, R., & Afriana, R. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar, prestasi belajar, status social ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruang tinggi s1 akuntansi pada siswa SMK Swasta di Banjarmasin. Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 12-27. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i1.4733
Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2017). Hubungan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 77-82.
Astari, M. (2018). Pengaruh motivasi belajar, perhatian orang tua, dan status sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Playen tahnajaran 2017/2018. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(1), 1-8 DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v7i1.446
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemic covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). 123-140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57 DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Fitriani, K. (2014). Pengaruh motivasi, prestasi belajar, status social ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kedal. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 152-159. DOI: https://doi.org/10.21009/JPEB.003.1.1
Haryono, S. (2016). pengaruh kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Depok. Jurnal ilmiah Kependidikan, 3(3). DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v3i2.83
Indriani, M. (2018). Pengaruh hasil belajar, motivasi berprestasi dan pendapatan orang tuaterhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri1 Pejagoan Kebumen tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(5), 439-448. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v7i2.2512
Indriyanti, Siswandari dan Ivada, E. (2013). Faktor-faktor yang memengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas xii akuntansi smk negeri 6 surakarta tahun 2013. Jupe UNS, 1(2), 1-10.
Khadijah, S. Indrawati, H, Suarman. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 178-188. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.5617
Kharisma, N & Latifah, L. (2015). Pengaruh motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri se-kota Semarang tahun ajaran 2014/2015 (2015). Economic Education Analysis Journal, 4(3), 833-846. DOI: https://doi.org/10.30738/jtvok.v3i2.345
Nurjannah, L. A., & Kusmuriyanto, K. (2016). Pengaruh prestasi belajar, motivasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ekonomic Education Analysis Journal, 5(2), 495-504.
Putra, P, E. (2015). Mengakomodasi minat siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah menengah (SMP) (Suatu Kajian Teoritis) Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V. 195-198.
Rahmawati, R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Piyungan pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4). 326-336.
Retnawati, H. (2016). Analisis deskriptif instumen penelitian (panduan penelitian dan psikometrian). Parama Publishing
Solikhah, M. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(1), 1-18.
Sugiyono. 2018. MetodePenelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung
Tarmono (2012). Minat Masuk Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaran Ringan (TKR) Pada SMK Di Kecamatan Mranggen. GARDAN Jurnal Ilmiah IKIP Veteran Semarang, 2(1), 101-111.
Copyright (c) 2023 Gaby Maulida Nurdin, Masyitha Wahid, Mardiana Mardiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints