Pembelajaran Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial Berbasis Web dengan Shiny R
Abstract
Sesuai dengan pentingnya statistik, mempelajari statistik memerlukan pemahaman yang kuat tentang ide-ide mendasar dalam statistik dan merupakan langkah paling penting dalam proses pembelajaran. Saat mempelajari statistik, beberapa orang mengalami ketakutan dan kecemasan karena menurut mereka statistik merupakan hal yang menarik, sementara yang lain menganggapnya statistika adalah hal yang tidak menarik. Oleh karena itu, menggunakan model simulasi dan visualisasi untuk mempelajari statistika sangat penting bagi instruktur dan pembelajar. Mencari tahu bagaimana cara membuat aplikasi R untuk mempelajari statistik deskriptif berbasis web dan statistik inferensial adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan aplikasi R yang menggunakan paket shiny dan aplikasi laragon yang membantu berjalannya penelitian. Adapun hasil dalam penelitian ini bahwa dalam pembuatan aplikasi Shiny R diperlukan user interface dan server dalam membuat script, mendeploy ke web, mengupload ke web dan melakukan uji coba.
Kata Kunci : Statistik Deskriptif dan Inferensial, R, Shiny web
Downloads
References
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 15(1), 64-74. DOI: https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425
Andreanto, A., Yasin, H., & Rusgiyono, A. (2021). IMPLEMENTASI R-SHINY UNTUK ANALISIS BIPLOT KOMPONEN UTAMA (Studi Kasus: Penggunaan Alat Kontrasepsi pada Peserta Aktif KB di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019). Jurnal Gaussian, 10(4), 499-507. DOI: https://doi.org/10.14710/j.gauss.v10i4.33097
Bekti, R. D., Setyawan, Y., & Laksminiasih, E. (2021). Spatial Area Model for Covid-19 in Java Based on R-Shiny Web Framework. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 17(3), 381-393. DOI: https://doi.org/10.20956/j.v17i3.11743
Maisarah, D. K., & Perdana, H. PENGEMBANGAN APLIKASI WEB INTERAKTIF MENGGUNAKAN RSHINY UNTUK ANALISIS STATISTIK NONPARAMETRIK. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 10(3).
Nugraha, R. G. A. (2017). Interactive Media Development for Second Grade Elementary Students Thematic Learning Using Adobe Flash CS4 Professional. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 94-105. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p94-105
Paisal, N. S., & Perdana, H. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI STATISTIKA BERBASIS WEB INTERAKTIF UNTUK ANALISIS UJI-T. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 10(3).
Panjaitan, D. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Statistika Berbasis Multimedia. JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika, 2(1), 11-15. DOI: https://doi.org/10.53842/juki.v2i1.24
Mashuri, M., Santoso, N., Calista, A., Annasiyah, F., Haryanti, F. D., Ranto, K. O., & Putri, Y. K. (2021). APLIKASI R-SHINY UNTUK SENTIMENT ANALYSIS TERHADAP ULASAN RESTORAN DI SINGAPURA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI), 2(2). DOI: https://doi.org/10.12962/j27213560.v2i2.11627
Shiny, from shiny from R studio : https://shiny.rstudio.com/. 2020. Retrieved Juny 10, 2021.
Copyright (c) 2023 Irwan Irwan, Adnan Sauddin, Reni Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints