Analisis Keputusan Pembelian Daring Konsumen Yang Dipengaruhi Tingkat Pendidikan Dan E-Payment

  • Tubagus Mahendra Kusuma ITB STIKOM Bali
Keywords: Pendidikan, E-Payment, Belanja Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat pendidikan dan penggunaan e-payment terhadap keputusan pembelian online. Tingkat pendidikan konsumen menjadi filter yang memengaruhi pengaturan keuangan pribadi dan pembuatan keputusan mereka dalam pembelian terutama dalam kebijakan konsumen berbelanja secara online, metode pembayaran yang beralih kepenggunaan e-payment pun membuat konsumen memperoleh kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan pembayaran produk yang dibeli secara online. Sampel dalam penelitian ini adalah seratus responden dengan kriteria beragam tingkat pendidikan dan sudah pernah melakukan transaksi pembelian secara online yang diperoleh dengan prosedur purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun secara simultan variabel yang digunakan terhadap keputusan belanja konsumen. Simpulan dari hasil analisis adalah Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan tingkat pendidikan terhadap keputusan pembelian secara online, secara parsial terdapat pengaruh yang tidak signifikan variabel e-payment terhadap keputusan pembelian secara daring. Secara simultan dengan nilai Fhitung (52,212) > Ftabel(3,09) dengan sig. 0,000 variabel tingkat pendidikan dan e-payment secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari, A. (2011) ‘Pemasaran dan Pemasaran Jasa’, Pemasaran dan Pemasaran Jasa.

Budhiarjo,Sari Intan dan Febriana, H. (2020) ‘Pengaruh Promosi E-Payment Terhadap Keputusan Pengguna Aplikasi Transportasi Online Di Ruang Lingkup Universitas Pamulang (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen)’, Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 5(2), pp. 1–9. Available at: https://www.onesearch.id/Author/Home?author=BUDHIARJO%2C+INTAN+SARI.

Budiaji, W. (2013) ‘The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale’, Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), pp. 127–133.

Harjayanti, D. R., Rovita, A. and Yuwono, T. (2020) ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tingkat Literasi keuangan, Instrumen Literasi Keuangan pada Keputusan Pembelian pada Media Online (Studi Kasus Masyarakat di Daerah Tangerang Selatan)’, Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(2), pp. 199–209. doi: 10.33753/mandiri.v4i2.127.

Idris, M. (2020) ‘AZYUMARDI AZRA’S THOUGHT ON MULTICULTURAL EDUCATION’, MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 44(1), p. 52. doi: 10.30821/miqot.v44i1.739.

Javier, F. (2022) E-wallet Jadi Alat Pembayaran Digital Terpopuler di 2021.

Kakunsi, E., Pangemanan, S. and Pontoh, W. (2017) ‘PENGARUH GENDER DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI WILAYAH KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA TAHUNA’, GOING CONCERN : JURNAL RISET AKUNTANSI, 12(2). doi: 10.32400/gc.12.2.17771.2017.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2012) Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2013) ‘Marketing Management’, 14th Edition’. Pearson Education Limited, p. 19. Available at: http://docplayer.info/31435130-Bab-iii-landasan-teori-membeli-untuk-mewujudkan-kepuasan-konsumen-maka-perusahaan-harus.html.

Lestari, W. (2021) ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., pp. 12–13.

Muzdalifah, L. and Ilmiah, H. (2020) ‘PENGARUH TESTIMONI DAN DAYA TARIK INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi pada Lsinta Muslim Wedding )’, Greenomika, 2(2), pp. 105–113.

Priambodo, S. and Prabawani, B. (2016) ‘Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), pp. 1–9.

Ramadhani, F. (2018) ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan, Motivasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nasabah’.

Ratna, Ikhwani ; Nasrah, H. (2015) ‘PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF WANITA KARIR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI RIAU’, marwah, XIV(2).

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teoh, W. M. Y. et al. (2013) ‘Factors affecting consumers’ perception of electronic payment: An empirical analysis’, Internet Research, 23(4), pp. 465–485. doi: 10.1108/IntR-09-2012-0199.

Wening, S. (2015) ‘Membentengi Keluarga Terhadap Budaya Konsumersime dengan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Pendidikan Konsumen’, Jurnal Keluarga, 1(1), pp. 62–75.
Published
2023-07-31
How to Cite
Tubagus Mahendra Kusuma. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Daring Konsumen Yang Dipengaruhi Tingkat Pendidikan Dan E-Payment. SAINTIFIK, 9(2), 299 - 306. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i2.407